Bupati Koltim Resmikan 16 Rumah Layak Huni di Tondowatu

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis.,SH.,MH, dalam upayanya mewujudkan kesejahteraan bagi warga kurang mampu, secara resmi telah meresmikan program bantuan rumah.

Sebanyak 16 unit rumah telah dibangun sebagai hasil usulan Pemerintah Desa (Pemdes) Tondowatu, setelah melalui verifikasi dari OPD terkait.

Acara peresmian dilaksanakan pada Senin (25/12/2023). Ini menjadi tonggak penting bagi keberlangsungan program kemanusiaan ini.

Dihadiri oleh para penerima manfaat, acara ini juga melibatkan berbagai pihak terkait dari lingkungan pemerintah daerah, menegaskan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas hidup warga kurang mampu.

Dalam sambutannya, Bupati Koltim menegaskan pentingnya program ini sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan dasar masyarakat.

“Rumah yang layak bukan hanya hak, tetapi juga landasan utama untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui program ini, kami berharap memberikan dukungan bagi mereka yang membutuhkan,” kata Bupati.

Menurut data, hampir 221 unit rumah direhabilitasi dan dibedah pada tahun 2023 ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim berkomitmen untuk terus membenahi rumah-rumah yang tidak layak huni guna menekan kemiskinan ekstrim, stunting, dan inflasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Ishak Benhur, menambahkan bahwa bantuan rumah ini bertujuan memenuhi kebutuhan rumah layak huni serta memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah.

Dijelaskan, tahun 2023 bantuan perumahan di Koltim telah disalurkan sebanyak 221 unit rumah yang telah dianggarkan dalam APBD, mencakup berbagai jenis bantuan seperti akibat kebakaran rumah 18 Unit, bantuan rumah puting beliung 148 Unit, dan program Bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) sebanyak 55 unit.

Program bantuan rumah ini menjadi komitmen nyata yang baik sejalan dengan program Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH.,MH, yakni Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas).

Pemerintah Daerah Kolaka timur terus dalam mendukung kesejahteraan dan meningkatkan kualitas hidup warga kurang mampu di Kolaka Timur Dukungan serta partisipasi aktif seluruh pihak diharapkan dapat terus memperkuat upaya positif ini untuk masa depan yang lebih baik bagi seluruh komunitas.

Salah satu penerima manfaat, Rosna, mengungkapkan rasa syukurnya atas respon cepat Pemkab Koltim terhadap musibah yang dialaminya.

Dengan bantuan ini, Rosna dan kedua anaknya dapat kembali menempati rumah tersebut, setelah beberapa waktu lalu tinggal dirumah orang tua.

“Terima kasih kepada Bupati Kolaka Timur yang telah merespon cepat musibah yang telah saya alami” ucapnya.


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *