Dinas Ketapang Jabarkan Wilayah Ketahanan Dan Kerentanan Pangan Koltim

KOLTIM || Rakyatpostonline.Com || Dalam sebuah ekspose yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Koltim, telah diungkapkan peta ketahanan dan kerentanan pangan (Food Security and Vulnerability Atlas – FSVA) Tahun 2023. Acara ini digelar di Aula Rujab Bupati Koltim pada Jumat (22/12/2023)

Kegiatan ini, Di buka Bupati Koltim Abd Azis SH MH, Hadir Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir SPd MPd, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Ketua TP. PKK Koltim Hartini Azis AMa, anggota DPRD Ketut Maria Asmara, Dirut Bank Sultra Koltim, serta sejumlah pimpinan OP dan puluhan penerima bantuan kemiskinan ekstrim dan stunting.

Pada sambutannya, Bupati Koltim menekankan pentingnya kerjasama antar-organisasi terkait dalam menangani wilayah-wilayah yang rentan terhadap masalah pangan di wilayah Kolaka timur.

”Kepada dinas-dinas atau OPD terkait, untuk bersama-sama Dinas Ketahanan Pangan dalam menuntaskan wilayah-wilayah yang rentan masalah pangan seperti yang sudha dipaparkan tadi,” Ucap bupati

Dalam presentasinya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Koltim, Dr. Ir. Idarwaty MM, menjelaskan bahwa dari total 133 desa dan kelurahan di Koltim, terdapat prioritas wilayah yang memiliki tingkat kerentanan yang berbeda. Sebanyak 4 desa dan kelurahan masuk kategori sangat rentan, 7 desa dan kelurahan rentan, 9 desa dan kelurahan agak rentan, 63 desa dan kelurahan agak tahan, 48 desa dan kelurahan tahan, dan 2 desa dan kelurahan sangat tahan terhadap masalah pangan.

Dengan data yang diungkapkan ini, langkah-langkah lebih lanjut diharapkan dapat diambil untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Koltim sesuai dengan tingkat kerentanan yang telah diidentifikasi.


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *