Tingkatkan Kapasitas SDM, Dinsos Konut Gelar Bimtek PSKS

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe Utara (Konut), menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS), Rabu (20/12/2023).

Pemateri dalam Bimtek ini yakni perwakilan Dinsos Sultra, Asrul, S.Sos dan Risal S.Pd., MM, dari Dinsos Kabupaten Konut. Hadir sebagai peserta, antara lain Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), karang taruna tingkat kecamatan, serta pendamping program.

Risal mengungkapkan, tujuan pelaksanaan kegiatan untuk lebih meningkatkan kapasitas para peserta, dalam rangka pelaksanaan pendampingan program Dinsos di lapangan.

Dijelaskan, PSKS adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang dapat berperan serta untuk menjaga, menciptakan, mendukung, dan memperkuat penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

PSKS merupakan potensi dan sumber yang ada pada manusia, alam dan institusi sosial yang dapat digunakan untuk usaha kesejahteraan sosial.

Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial meliputi antara lain meliputi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), organisasi sosial, Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM), dunia usaha yang melakukan UKS, dan lain-lain.

Lanjut Risal, masalah masyarakat dan problema sosial adalah dua macam persoalan dalam masalah sosial. Timbulnya masalah sosial adalah dari kekurangan dalam diri manusia kelompok sosial yang bersumber pada faktor ekonomis, biologis dan kebudayaan.

Setiap masyarakat mempunyai norma yang berhubungan dengan kesejahteraan kebendaan, kesehatan fisik, mental serta penyesuaian diri individu atau kelompok sosial.


Pembangunan kesejahteraan sosial pada dasarnya ditujukan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan sosial masyarakat sebaik-baiknya dalam upaya menciptakan suatu kondisi tata kehidupan sosial yang diliputi rasa keselamatan, kesusilaan dan ketentraman lahir dan batin.

“Dengan ini, maka memungkinkan setiap warga masyarakat memenuhi kebutuhan jasmani, rohani dan sosialnya secara layak bagi individu, keluarga maupun masyarakat,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *