Peran Vital Kader Pembangunan Manusia (KPM) Dalam Menurunkan Stunting Kolaka Timur

KOLTIM, Matabondu || Rakyatpostonline.Com || Kabupaten Kolaka Timur terus mengukir prestasi dengan meluncurkan program peningkatan kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM). Program ini diinisiasi untuk memperkuat peran kader dalam mendukung pembangunan manusia yang berkualitas dan berkelanjutan, di Aula rujab bupati ( 20/12/2023 ). Rabu

Pemda Kolaka Timur tetap berkomitmen menangani permasalahan stunting dengan melibatkan langsung partisipasi masyarakat. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH., MH, dan dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kolaka Timur, Hartini Azis A,Ma, sejumlah pimpinan OPD, Koordinator Pendamping Desa Koltim, dan 117 Kader Pembangunan Manusia (KPM) dari seluruh Desa di Kolaka Timur.

Abdul Azis, SH., MH, Bupati Koltim, dalam sambutannya menekankan bahwa Pemerintah Daerah memahami peran penting Kader Pembangunan Manusia sebagai garda terdepan dalam menangani 8 aksi pencegahan stunting.

“Saya berharap bahwa semua stakeholder di tingkat Desa dan Kelurahan dapat memaksimalkan potensi yang ada, baik di Dinas Kesehatan, BKKBN, Pemberdayaan Perempuan, maupun instansi lainnya untuk terlibat aktif dalam penanganan stunting,” ujarnya

Bupati koltim optimis bahwa jika potensi seluruh stakeholder dimaksimalkan, Kolaka Timur dapat mencapai target nasional penurunan stunting sebesar 14 persen pada tahun 2024 mendatang.

Untuk mencapai target tersebut, Pemda Kolaka Timur akan meningkatkan insentif bagi petugas penurunan stunting di tahun 2024 dan akan menambah dukungan operasional lainnya di seluruh wilayah.

Bupati juga meminta kepada KPM di masing-masing wilayah untuk memastikan pencapaian target penurunan stunting pada tahun 2024. Selain stunting, ini juga terkait dengan target nasional lainnya sesuai arahan bapak Presiden seperti kemiskinan ekstrim dan inflasi yang harus dimaksimalkan target target yang belum terpenuhi tahun 2023

Dalam semangat mewujudkan Desa dan Kelurahan yang bebas stunting, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan, melalui kesiapan, kecerdasan emosional, dan konvergensi pencegahan, Kader Pembangunan Manusia menjadi elemen kunci yang akan membawa Kabupaten Kolaka Timur ke arah kemajuan yang berkelanjutan.

Di tempat yang sama, Kusram Maroli, S.Pt, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kolaka Timur menambahkan bahwa pelatihan ini bertujuan menciptakan kader yang berkualitas, terdidik, dan memiliki peran strategis dalam pencegahan dan percepatan penurunan stunting.

“Melibatkan Kader Pembangunan Manusia adalah kunci utama dalam upaya pencegahan stunting. Mereka memiliki peran penting dalam menyampaikan informasi serta memberikan dukungan langsung kepada masyarakat di tingkat desa,” Tutupnya


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *