Pemda Koltim Kirim Tenaga Medis Untuk Bantu Korban Angin Puting Beliung Di Desa Tongauna

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com,    Pekan lalu, Desa Tongauna Kecamatan Ueesi diguncang angin puting beliung yang mengakibatkan kerusakan di sekitar 32 rumah, menyebabkan trauma dan kebutuhan mendesak akan bantuan kesehatan. Melihat kondisi pasca-bencana, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koltim merespons dengan mengirimkan tim medis pada Selasa (19/12/2023).

Tim medis yang terdiri dari 1 dokter spesialis jiwa, 1 dokter umum dan 2 perawat dokter, dan tenaga kesehatan lainnya dikerahkan untuk memberikan pelayanan medis darurat dan pendampingan psikososial kepada warga yang terdampak trauma akibat bencana.

Direktur RSUD Koltim, dr. Abdul Munir Abubakar, menyatakan pihaknya juga menyediakan bantuan obat-obatan dan peralatan medis, bahwa langkah ini diambil untuk memastikan korban mendapatkan bantuan kesehatan yang sangat dibutuhkan dalam situasi darurat ini.

Namun, karena tim RSUD yang dikirim terbilang minim, mereka memerlukan tambahan tenaga perawat dari Puskesmas Ueesi guna memberikan layanan kesehatan yang optimal. Dokter dan perawat bertugas sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Pendampingan dilakukan kepada pemilik 32 rumah dan keluarganya yang terdampak kerusakan akibat angin puting beliung, dengan konseling untuk meredakan trauma pasca-bencana. Langkah ini merupakan instruksi langsung dari Bapak Bupati Kotim Abd. Azis SH, MH, diharapkan dapat membantu meringankan beban korban dari sisi kesehatan, selain upaya pemda dalam perbaikan rumah dan bantuan lainnya.

Bantuan dan dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat memberikan solusi serta mempercepat proses pemulihan di Desa Tongauna, membawa harapan baru bagi korban bencana.


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *