Bupati Koltim Pimpin Peringatan Hari Bela Negara

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis, SH., MH, memimpin dengan gemilang upacara peringatan Hari Bela Negara dengan tema, “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju”.

Upacara megah ini berlangsung di pelataran Rujab Bupati Koltim, Selasa (19/12/2023). Hadir Kapolres Koltim, AKBP Yudhi Palmi DJ SIK., M.Si, Sekda Koltim, Andi Muh Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, dan para pimpinan instansi terkait, juga melibatkan ratusan pejabat dan staf lingkup Pemda Koltim.

Bupati sebagai inspektur upacara, secara tegas membacakan sambutan Presiden RI yang menyoroti betapa momen Hari Bela Negara ini menjadi panggung bersatunya bangsa Indonesia dalam memberikan kontribusi positif demi mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Presiden menegaskan, tantangan masa depan semakin tidak terduga dengan adanya ancaman tidak hanya fisik, tetapi juga yang bersifat tak kasat mata, seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, dan krisis iklim. Semua ini telah memberikan dampak yang signifikan terhadap ketahanan negara.


Lebih lanjut, Presiden menegaskan bahwa jiwa Bela Negara menjadi pilar utama dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga menjadi tugas bersama semua elemen masyarakat.

Dalam pesan penutupnya, Presiden mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bela Negara bukanlah hanya tentang aspek militer, tetapi juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Setiap tindakan yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, Pancasila, dan NKRI adalah bentuk nyata Bela Negara. Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, mari kita semua membangkitkan semangat ini,” tutur Presiden.

Momentum Hari Bela Negara menjadi ajang penting untuk mengingatkan nilai-nilai kebangsaan, menjaga persatuan, serta melibatkan semua elemen masyarakat dalam membangun Indonesia yang maju dan bersatu.


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *