Koltim Raih Peringkat Pertama Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa 2023

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) meraih penghargaan bergengsi sebagai peringkat satu di Sulawesi Tenggara (Sultra), atas kinerja luar biasa dalam Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa (DD) tahun 2023.

Penganugerahan prestisius ini diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, kepada Bupati Kolaka Timur, Abd Azis SH MH, pada acara penyerahan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah (TKD) tahun 2024 di Kantor Gubernur Sultra pada Senin (4/12/2023).

Penghargaan ini menjadi momen penting yang disaksikan oleh sejumlah pejabat tinggi, antara lain Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tenggara, Syarwan, serta Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh.

Pj Gubernur Sultra menyampaikan, saat ini situasi ekonomi global dipenuhi dengan dinamika yang memunculkan ketidakpastian. Dia menyoroti tantangan-tantangan seperti perubahan iklim, ketegangan geopolitik, serta kenaikan suku bunga yang harus diwaspadai.

Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil di tengah tantangan global tersebut diharapkan dapat menjadi modal penting dalam pelaksanaan APBN 2024.

Pj gubernur mengajak semua pihak terlibat dalam APBN untuk bekerja keras, berkolaborasi, dan bersinergi agar APBN dapat dikelola secara optimal sebagai instrumen kebijakan untuk melindungi masyarakat, menjaga stabilitas, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dengan tetap menjaga kesehatan fiskal yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra, Syarwan, dalam laporannya menyampaikan bahwa APBN telah menjadi instrumen utama dalam menghadapi tantangan global seperti pandemi dan kenaikan harga energi serta pangan. APBN juga berperan penting dalam menggalakkan pemulihan ekonomi serta perlindungan terhadap masyarakat.

“Dalam situasi gejolak ekonomi global dan perubahan iklim yang mempengaruhi harga pangan, pertumbuhan ekonomi nasional tetap terjaga dengan pertumbuhan sekitar 5 persen selama 8 kuartal serta inflasi yang tetap rendah dan stabil,” ungkap Syarwan.

Penghargaan ini menunjukkan komitmen serta kinerja luar biasa Kabupaten Kolaka Timur dalam mengelola Dana Desa untuk kesejahteraan masyarakatnya, serta menjadi contoh bagi daerah lain dalam optimalisasi penggunaan dana untuk pembangunan dan pemulihan ekonomi di tingkat lokal.


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *