Ruksamin Ajak UG-Techno Park Kerja Sama Bangun Pertanian Konut

Rektor UG Techno Park,prof.Margianti,SE.,ME ,Dan Bupati Konawe Utara H.Ruksamim dan Rombongan

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Bupati Konut melakukan kunjungan kerja di Universitas Gunadarama (UG)-Techno Park, di Desa Jamali-Mulyasari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat (Jabar) Jumat (8/12/2023).

Turut mendampingi bupati dalam Kunker ini, Kepala Bappeda, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Tanaman Pangan, Kadis Pertanian, Kepala BKAD, dan Kabag Prokopi Konut.

Ruksamin bersama rombongan disambut langsung Rektor UG Techno Park, Prof. Margianti, SE.,ME, bersama Kepala Badan Administrasi Perencanaan Sistem Infomasi UG – Techno Park, Prof. Budi Hermana.

Kunker ini dilakukan untuk kerja sama dalam rangka upaya mengembangkan sektor pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Konut berbasis teknologi.

UG-Techno Park dipilih karena merupakan satu-satunya di Indonesia kawasan yang pengembangan teknologi pertanian, manajemen, pendidikan dan bisnis secara terpadu.

UG-Techno Park tidak hanya mencerminkan inovasi dalam teknologi pertanian, tetapi juga menyediakan platform yang mendukung pertumbuhan sektor pendidikan dan bisnis terkait.

Dalam kunjungan ini, Bupati Konut secara langsung menyaksikan upaya kolaboratif antara universitas dan industri, untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pengembangan sektor pertanian.

Dalam pertemuan ini, pihak universitas memaparkan proyek-proyek inovatif yang sedang berlangsung, seperti penggunaan teknologi sensor untuk pemantauan tanaman, sistem manajemen pertanian berbasis kecerdasan buatan, dan program pelatihan yang fokus pada peningkatan keterampilan petani lokal.

Dalam kunjungan itu, Ruksamin mengatakan, kedatangan dirinya bersama sejumlah kadis terkait merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah terjalin.

“Tujuan kami datang kesini untuk menjalin kerjasama yang mana sebelumnya sudah dilakukan kerjasama yan antara Pemda Konut dan pihak Universitas Gunadarma,” ucapnya.

Dirinya menambahkan di era revolusi industri 5.0 saat ini di butuhkan transformasi untuk pengembangan di sektor pertanian dan tanaman pangan terkhusus di Kabupaten Konawe Utara.

Menurutnya, pengembangan pertanian berbasis teknologi akan menambah hasil produksi bahkan mempercepat produksi sehingga dapat lebih memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

“Kita kembangkan pertanian dengan teknologi supaya bisa menambah produksi kita, memperbaiki bahkan mempercepat produksi. Kalau kita mau sejahtera maka ini yang harus kita lakukan,” katanya.

Dengan demikian, lanjut Bupati kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk mengamati, tetapi juga untuk membuka potensi kerja sama yang berkelanjutan antara pemerintah daerah dan lembaga pendidikan.

Bahkan, ia mengatakan akan kembali berkunjung di UG-Techno Park dengan membawa tim-tim teknis dari Konut.

Tak hanya itu, dirinya juga mengatakan telah menyediakan lahan dan anggaran untuk mendirikan Techno Park di Konut.

“Terima kasih kepada ibu rektor yang sudah menerima kami dan saya pastikan akan kembali disini membawa tim tim teknisnya baik itu penyuluhnya, petaninya, maupun mahasiswa supaya mereka bisa belajar dan kembali ke Konut menerapkannya,” ungkapnya.

Ruksamin juga mengakui pentingnya kerjasama dengan Techno Park akan memberikan peluang untuk mendukung pengembangan manajemen pertanian yang efisien dan memberikan akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat diwilayahnya

“Kunjungan ini bukan hanya sebuah acara formal, tetapi lebih merupakan langkah konkret menuju transformasi sektor pertanian dan tanaman pangan di Kabupaten Konawe Utara” tutupnya.

Diakhir kunjungan tersebut, sebagai ungkapan terima kasih Bupati tak lupa memberikan cendera mata kepada Rektor UG-Techno Park.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *