Enam Kecamatan di Konut Masuk Daerah Siaga Banjir

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga bencana.

Kepala BPBD Konut, Muh.Aidin, kepada awak media, Jumat (14/7/2023), mengungkapkan bahwa intensitas hujan di wilayah Konut saat ini sudah masuk kategori menengah hingga tinggi.

Olehnya itu, ia menyampaikan kepada seluruh warga Konut agar waspada, terutama terhadap bencana banjir dan longsor, sebab kedua musibah ini sering menimpah warga di berbagai titik.

Terlebih lagi, berdasarkan pantauan dan prakiraan cuaca BMKG, sebagian wilayah di Konut, khususnya di enam kecamatan yang rawan banjir, intensitas hujan sejak beberapa hari ini, sudah masuk kategori menengah hingga kategori tinggi.

“Keenam wilayah tersebut yakni Kecamatan Andowia, Asera, Oheo, Langgikima, Landawe dan Kecamatan Wiwirano,” ujarnya.

BPBD Konut mengharapkan dan mengantisipasi kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor, dengan segera menyelamatkan diri jika terjadi tanda-tanda musibah sebelum merenggut nyawa.

“Untuk langkah antisipasi, BPBD telah menurun 15 personil BPBD untuk memantau langsung kondisi di lapangan, tenda darurat telah kami dirikan, peralatan untuk bencana seperti perahu banjir sudah kami siapkan,”tambahnya.

Dari pantauan BPBD, Banjir saat ini telah menggenangi ruas jalan poros transulawesi di Kecamatan Langgikima, air mencapai 60 centimeter dan memutus akses transportasi desa Tambakua.

“Sementara kondisi air di poros di Desa Sambandete hingga pagi menjelang siang ini luapan terjadi sejak pukul 01.00 dini hari arus lalulintas masih lancar dan tetap dalam pantauan BPBD,” tambah Mantan Kepala RSUD Kolaka Utara itu.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *