Pemkab Koltim Gelar Pelatihan Bidang Pariwisata

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Andi Muh Iqbal Tongasa, S.STP., M.Si, membuka kegiatan pelatihan tata kelola bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata, di Baros Farm House Tawainalu, Kecamatan Tirawuta, Sabtu (4/11/2023).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Koltim, dibawah komando, Sulwan Sovian, bertujuan mengembangkan destinasi wisata di daerah tersebut. Turut hadir dalam acara ini, Ketua UMKM Koltim, Hasrul, S.IP, bersama puluhan peserta.

Dalam sambutannya, Andi Muhammad Iqbal Tongasa yang juga menjabat Plh Bupati Koltim, menggarisbawahi pentingnya mengikuti perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi yang terus meningkat.

Ia mengungkapkan bahwa internet dan digitalisasi, telah memberikan dampak positif pada sektor pariwisata, serta mengurangi biaya operasional dan penggunaan waktu.

Sekda juga menekankan betapa pentingnya penggunaan pemasaran online sebagai pelengkap pemasaran konvensional. Ia menekankan bahwa promosi secara langsung (word of mouth) tetap efektif, tetapi peningkatan platform pemasaran online sangat penting, terutama di daerah-daerah dengan potensi wisata yang besar.

Sekda memperingatkan bahwa website destinasi wisata harus lebih dari sekadar responsif dan cepat. Mereka juga harus menyajikan informasi yang informatif, kaya, dan kuat.

Banyak destinasi wisata yang telah memiliki website, tetapi sering kali mengabaikan detail-detail penting. Informasi yang disajikan di website sering menjadi referensi utama bagi wisatawan sebelum mereka membuat keputusan.

Sekda menutup sambutannya dengan menekankan pentingnya peningkatan literasi dan keterampilan SDM pariwisata, terutama dalam ranah digital.

“Ini adalah langkah kunci untuk meningkatkan daya tarik destinasi pariwisata dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan,” tutup Sekda Koltim.


Laporan : Asrianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!