Kadin Sultra Bersama BI Dorong Berlakunya Pasar Digital di Kota Kendari

Kendari, Rakyatpostonline.Com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan upaya pengembangan sektor ekonomi.

Kadin Sultra dibawah kepemimpinan Anton Timbang, telah banyak melakukan gerakan ekonomi kerakyatan, seperti melakukan ekspor dan impor baik skala nasional hingga Internasional, melibatkan pelaku usaha lokal dengan konsep hulu dan hilir.

Tidak hanya itu, Kadin Sultra juga turut andil dalam melakukan penekanan inflasi di sejumlah daerah, seperti Kota Kendari, Kolaka Utara (Kolut), Buton Tengah (Buteng) dan sejumlah daerah lainnya.

Wakil Ketua Umum Bidang Pasar Modal Kadin Sultra, Sastra Alamsyah, kepada awak media, Selasa (11/7/2023), mengungkapkan bahwa saat ini Kadin Sultra tengah melakukan persiapan pasar digital di Kota Kendari.

Sastra mengatakan, Kadin Sultra menilai bahwa mendorong pasar tradisional menjadi digital merupakan suatu keharusan di era saat ini dan tidak bisa dihindari.

Lebih lanjut, Mantan aktivis HMI Makassar ini mengatakan Kadin Sultra mendorong adanya transaksi non tunai. Permulaan akan dilakukan proyek di sejumlah pasar Kota Kendari.

“Salah satunya di Pasar Wayong, perilaku belanja pedagang dan pembeli kita ubah menjadi transaksi non-tunai,” terang Sastra.

Dalam rangkamendorong program tersebut, Kadin Sultra sudah mendorong ke Bank Indonesia Sultra. Langkah awal, 120 orang pegawai Perumda bakal diberikan pelatihan terkait digitalisasi atau pengunaan Qris.

”BI Sultra siap memberikan pelatihan kepada pegawai Perumda sebagai ujung tombak yang akan bersentuhan langsung dengan pedagang,” pungkasnya.


Laporan : Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *