Peringatan Hari Pancasila 2023, Ketua DPRD Koltim Ditunjuk Sebagai Pembaca Naskah UUD 1945

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan secara nasional, Uniknya Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir, S.Pd. M.Pd, ditunjuk sebagai pembaca naskah utama UUD 1945.

Sementara Plt Bupati Koltim, Abd. Azis, SH, MH, bertindak sebagai inspektur upacara. Acara tersebut dihadiri seluruh pejabat, ASN, serta sejumlah pihak terkait. Kegiatan berlangsung di halaman rumah jabatan (Rujab) Bupati Koltim, Kamis (1/6/2023).

Upacara ini mempunyai makna yang lebih istimewa, mengingat pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam serangkaian acara tersebut, Ketua DPRD Suhaemi dengan penuh khidmat membacakan naskah yang berisikan teks Pancasila lengkap dengan penjabarannya.

Suaranya yang lantang mengisi seluruh halaman Rujab Koltim, mengingatkan seluruh peserta upacara akan pentingnya menjaga keutuhan dan keberagaman bangsa.

Dikatakan juga bahwa UUD 1945 merupakan simbol peran lembaga legislatif dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Plt Bupati Koltim, Abd Azis memimpin dan mengawasi jalannya upacara, serta memberikan penghormatan kepada Bendera Merah Putih.

Dirinya mengatakan bahwa jabatan yang diembannya sangat penting dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan negara yang tercantum dalam Pancasila.

Sebagai pemimpin di tingkat daerah, ia bertanggung jawab dalam menjaga keharmonisan dan kemajuan masyarakat di wilayah Kabupaten Koltim.

Setelah pembacaan naskah oleh Ketua DPRD Suhaemi dan pengibaran bendera Merah Putih oleh pasukan pengibar bendera, seluruh peserta upacara melaksanakan sesuai rangkaian kegiatan protokoler dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan.

Upacara ini menunjukkan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Melalui partisipasi aktif Ketua DPRD bersama Plt Bupati Koltim, harapan akan terwujudnya masyarakat yang berlandaskan Pancasila semakin diperkuat.

“Semoga nilai-nilai luhur Pancasila tetap terjaga dan menjadi panduan dalam membangun Indonesia, khususnya Koltim yang lebih baik,” tutup Abdul Azis.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Dilarang Copy Paste. Hargai Karya Orang Lain Boss!