Plt Bupati Koltim Bacakan Amanat Presiden saat Upacara Hari Lahir Pancasila

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abd Azis, SH, MH, memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Rujab di Desa Matabondu, Kecamatan Tirawuta Kamis (1/6/2023).

Acara ini dihadiri Kapolres, AKBP Yudhi Palmi DJ, Ketua DPRD, Suhaemi Nasir S.Pd, M.Pd, Sekda, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, M.Si, perwakilan Dandim 1412 Kolaka, seluruh pejabat pemerintah, Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh masyarakat, serta sejumlah pihak terkait lainnya. Mereka hadir untuk mengenang dan menghormati nilai-nilai luhur Pancasila.

Acara tersebut dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh anggota Paskibra. Selanjutnya, dilanjutkan dengan penghormatan kepada lambang negara dan pembacaan teks UUD 1945 oleh Ketua DPRD Kolaka Timur.

Dalam Sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Plt Bupati Koltim, menyampaikan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.

Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni Memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikannya sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari

Pancasila bukan hanya sebagai slogan semata, namun harus dipraktekkan dan diaktualisasikan. Pancasila juga merupakan pegangan dalam kehidupan sehari-hari yang harus dihayati dan diimplementasikan oleh setiap warga negara, sehingga nilai-nilanya akan tertanam di dalam hati setiap insan Bangsa Indonesia.

Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat, menjadi tantangan tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami degradasi moral di masa depan.

Acara berlangsung dengan khidmat dan meriah, diiringi Musik yang dimainkan oleh Anggota Satpol-PP, serta menyanyikan lagu-lagu nasional secara serentak, diikuti seluruh pejabat Pemerintah dan ASN.

Dengan adanya peringatan Hari Lahir Pancasila ini, menekankan agar terus gelorakan semangat Pancasila dari sabang sampai merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote.

Semangat kebangsaan dan cinta tanah air dapat semakin tumbuh, membuat prestasi, membuat terobosan, menumbuhkan pembaharuan 2023 dan menjadi landasan kuat dalam membangun masyarakat yang berkeadilan, demokratis, dan sejahtera.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *