Srikandi Damkar Konut Dilatih Operasikan Mobil Pemadam Canggih Asal Amerika Serikat

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Tim Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Konawe Utara (Konut), mengikuti pelatihan pemanfaatan dan penggunaan kendaraan operasional.

Kegiatan berlangsung di aula Dinas Damkar dan Penyelamatan Konut, berlangsung selama dua hari yakni 15-16 Mei 2023.

Pelatihan ini dibimbing langsung oleh tim ahli bidang operasional kendaraan pemadam kebakaran, dengan setelan seragam lengkap.

Peserta pelatihan yang terdiri dari barisan perempuan ini, diajarkan terkait praktek penggunaan kendaraan armada pemadam kebakaran secara langsung di lapangan.

Mansur selaku Teknisi PT Pundarika Adma Semesta, kepada awak media menjelaskan, pelatihan hari pertama hanya pemberian materi dalam ruangan saja.

“Kemudian hari kedua kita lakukan praktek di lapangan, mencakup cara pengoperasian unit mobil itu, dari kita menyedot sampai kita buang menggunakan nosel, bisa pakai water canon, bisa juga selang,” ujarnya.

Dijelaskan, mobil pemadam kebakaran terbaru milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut ini, telah didesain dengan teknologi canggih, diimpor dari Amerika Serikat.

Mobil pemadam ini juga mampu mengisi cepat, hanya sekira 2-3 menit saja, dengan jarak semprot sepanjang 60 meter.

Selain itu, juga dilengkapi fasilitas lainnya seperti baju khusus, serta fasilitas alat pendukung dalam melakukan pemadaman api dan penyelamatan.

Sementara itu, Kadis Damkar dan Penyelamatan Konut, Djasmiddin mengungkapkan bahwa pelatihan hari tujuannya agar personel lebih paham mengoperasikan kendaraan baru ini.

Disamping itu, kegiatan ini juga penting dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) par personel Damkar Konut.

“Tujuannya hanya ada dua sebenarnya, pertama SDM dipersiapkan, kemudian kedua peralatan,” katanya.

Diungkapkan, dalam waktu dekat, Dinas Damkar Konut bakal melebarkan sayap dalam rangka membentuk Unit Pelayanan Terpadu (UPT) di tingkat kecamatan, sehingga SDM dan peralatan mumpuni harus dipersiapkan.

Lanjut Djasmiddin, UPT sangat penting diadakan agar pelayanan prima serta respon cepat dapat terus diberikan kepada masyarakat, ketika terjadi musibah kebakaran.

Ia juga menyampaikan, seluruh tim Damkar yang mengikuti pelatihan, bakal mendapatkan sertifikat sebagai dasar untuk masuk dalam regu Damkar dan penyelamatan.

Besar harapan Djasmiddin agar ada perhatian penuh dari pemerintah bersama DPRD Konut untuk lebih mengembangkan lagi realisasi program Dinas Damkar dan Penyelamatan, sehingga keamanan dari bencana dapat dirasakan masyarakat.

“Kami sendiri bakal terus mendorong pengembangan kualitas SDM dan fasilitas operasional Damkar,” tutup Djasmiddin.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *