142 Murid Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten Konut Tahun 2023

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar seleksi Paskibaraka tahun 2023 di Tribun Kantor Bupati Konut, Selasa (16/5/2023).

Kepala Kesbangpol Konut, H. Hasran Abu Bakar, S.Pd, M.Si, mengatakan, seleksi hari ini adalah tindak lanjut dari pendaftaran Paskibraka yang dibuka dari tanggal 27 Februari hingga 3 Maret 2023.

“Sejak kami membuka pendaftaran Paskibraka tingkat kabupaten, pendaftar yang membuat akun berjumlah 211 peserta dan hanya 142 yang mengupload dokumen pendukung,” ujarnya.

Jumlah 142 terdiri laki-laki 68 laki-laki dan perempuan berjumlah 74 siswi, dimana perwakilan dari SMAN 1 Sawa berjumlah 11 orang, SMAN 1 Lembo berjumlah 10, SMKN 1 Konawe Utara berjumlah 9, SMAN 1 Lasolo berjumlah 16, SMAN 1 Asera berjumlah 10, SMAN 1 Oheo berjumlah 7, SMAN 1 Langgikima berjumlah 4, SMAN 1 Wiwirano berjumlah 7 Orang.


“Hari ini, 142 Siswa-siswi SMA yang berasal dari berbagai sekolah mengikuti seleksi,” ujar Hasran.

Hasran juga berharap, selama seleksi para siswa selalu menjaga kesehatan dan terus berupaya untuk menunjukan yang terbaik, sebab rangkaian ini mengutamakan kebugaran fisik.

“Jadi selama seleksi tolong jaga kesehatan dan tunjukkan anda menjadi yang terbaik sehingga akan melahirkan anggota Paskibraka yang menjadi kebanggaan kita dan tentu kebanggaan sekolah,” pesan Hasran.

Senada dengan itu, Indrajaya Bahrin, ST, M.Si selaku Koordinator pelaksana seleksi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 51 Tahun 2022 tentang Paskibraka yang sudah melekat di Badan Kesbangpol.

Dijelaskan, ada 8 tahapan yang dilakukan, mulai dari seleksi administrasi yang dilaksanakan oleh Kesbangpol dan tes kesehatan dilaksanakan oleh kawan-kawan tenaga kesehatan, kemudian tes parade dilaksanakan oleh Tim dari Kodim dan Polres.

Kemudian wawasan kebangsaaan dan Intelejensi umum dilakukan secara online, selanjutnya Samapta dan peraturan baris-berbaris dilaksanakan Tim Kodim, Polres dan PPI, sedangkan tes Kepribadian dilaksanakan oleh Kesbangpol.

“Proses seleksi ini akan berlangsung selama dua hari. Diharapkan semuanya berjalan lancar,” tutupnya.


Laporan : Ayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *