Seluruh Elemen Massa Diajak Sukseskan Pameran HUT Ke-59 Sultra di Koltim

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Pameran pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dibuka secara langsung oleh Gubernur, Ali Mazi, di aula Rujab Bupati Kolaka Timur (Koltim), Rabu malam (10/5/2022).

Pembukaan pameran pembangunan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Sultra. Kegiatan awalnya direncanakan di panggung utama yang berada di tengah-tengah boot pameran, tetapi dikarenakan hujan deras, kegiatan dipindahkan di aula Rujab Bupati Koltim.

Pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-59 Sultra ini akan berlangsung hingga tanggal 14 Mei 2023. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh jajaran pemerintah kabupaten dan kota, namun juga Instansi vertikal, BUMN/BUMD, swasta, serta TNI-Polri.

Nantinya setiap daerah peserta pameran akan menampilkan kemajuan inovasi dan capaian pembangunan yang telah dilakukan untuk kemajuan daerah, khususnya Provinsi Sultra dan masing-masing kabupaten kota.


Ali Mazi menjelaskan, pameran pembangunan daerah telah menjadi tradisi tahunan, pada setiap momentum HUT Sultra. Salah satu tujuannya yakni menunjukkan catatan hasil kerja dalam satu tahun terakhir.

Ali Mazi menambahkan, kegiatan pameran ini juga bertujuan untuk mempromosikan produk-produk UMKM dan berbagai potensi unggulan daerah Sultra.

“Sebagai upaya dari bagian untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat,” tambahnya.

Ali Mazi juga mengatakan, atas perhatian pemerintah pusat dengan kehadiran beberapa kementerian di Sultra, tentu ini menjadi anugerah tersendiri bagi masyarakat.

“Apalagi Sultra telah ditetapkan sebagai salah satu provinsi pelaksana kampanye gerakan nasional bangga buatan Indonesia, bangga berwisata di Indonesia atau BBI,” ujarnya.

Lanjut Ali Mazi, pelaksanaan gerakan nasional BBI di Sultra, sesungguhnya menandakan bahwa Bumi Anoa memiliki potensi besar melahirkan produk-produk unggulan dalam negeri yang menjadi kebanggaan bangsa.

“Serta menunjukkan bahwa potensi wisata yang ada di Sulawesi Tenggara dapat menjadi kebanggaan Indonesia dan sekaligus menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di daerah,” Tutupnya

Senada dengan itu, Plt Bupati Koltim, Abdul Azis, mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan pameran pembangunan HUT ke-59 Sultra.

“Mari kita buktikan bahwa Kolaka Timur merupakan tuan rumah yang aman, nyaman dan baik karena aset terbesar Kabupaten Kolaka Timur adalah persatuan, persaudaraan dan keberagaman,” jelasnya.

Azis menambahkan, dengan adanya pameran pembangunan HUT ke-59 Sultra ini, diharapkan roda perekonomian masyarakat Koltim terus meningkat.

“Dengan meningkatnya roda perekonomian yang ada, juga akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kita juga bisa memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Kolaka Timur,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini mengatakan, kampanye BBI melibatkan 10 provinsi sebagai compane manager dan 20 kementerian sebagai co-compane manager.

“Kami Kementerian Desa menjadi co-compane manager dalam kegiatan di Sulawesi Tenggara,” Ucapnya

Pada kesempatan itu, Harlina mengucapkan selamat atas suksesnya pelaksanaan perayaan HUT ke-59 Provinsi Sultra, makin maju dan berkembang.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *