Salurkan Bantuan Kepada 28 KPM, Kades Ulumeraka Berharap Kemiskinan Ekstrem Teratasi

Konawe, Rakyatpostonline.Com – Sebagai upaya mengatasi kondisi kemiskinan ekstrem, Pemerintah Desa (Pemdes) Ulumeraka Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode tahap pertama Tahun 2023, kepada 28 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran BLT-DD ini disaksikan oleh Camat Onembute, Kapolsek Onembute, Babinsa, Babinkantibmas dan pendamping desa. Kegiatan berlangsung di Balai Desa Ulumeraka, Rabu (19/4/2023).

“Yang diterima warga selama tiga bulan. Perbulan Rp300.000, maka dalam 3 bulan yang diterima sebesar Rp900.000, jumlah keseluruhanya sebanyak Rp25.200.000,” ujar Kades Ulumeraka, Andi Darwianto, SH.

Ia menambahkan, BLT-DD untuk kemiskinan ekstrem sangat dibutuhkan oleh warga, karena suatu kondisi sehingga KPM tidak dapat memenuhi kebutuhan primer keluarga, seperti makanan, air minum bersih, fasilitas sanitasi, kesehatan, tempat tinggal, dan pendidikan.

“Terutama karena warga miskin penghasilannya di bawah standar harian dan bulanan, sehingga mereka kelompok ekstrem perlu dibantu dari Dana Desa (DD) melalui BLT,” ungkapnya.

Andi Darwianto juga menyampaikan, bantuan tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan presiden terkait penanganan kemiskinan ekstrem, juga berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang Penyediaan dan Penyaluran BLT untuk KPM Kemiskinan Ekstrem.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat Desa Ulumeraka, khususnya masyarakat dalam kategori kemiskinan ekstrem,” tutupnya.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *