Kapolri Lakukan Mutasi Besar-besaran, 473 Personel Berganti Jabatan

Ketgam : Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo

Jakarta, Rakyatpostonline.Com – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melakukan mutasi besar-besaran terhadap ratusan perwira, mulai Pati hingga Pamen di lingkungan Polri.

Keputusan mutasi itu tertuang dalam 4 Surat Telegram Rahasia (TR) dengan Nomor ST/712/III/Kep./2023, ST/713/III/Kep./2023, ST/714/III/Kep./2023 dan ST/715/III/Kep./2023. Semuanya tertanggal 27 Maret 2023.

Dalam dokumen yang ditandatangani Wakapolri, Komjen Pol Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut, tercatat ada 473 personel yang dimutasi dan dirotasi jabatannya.

Kadiv Humas, Irjen Dedi Prasetyo, kepada awak media, Rabu (29/3/2023), membenarkan perihal mutasi dan rotasi yang dilakukan Kapolri. Menurutnya, keputusan ini merupakan hal biasa dalam organisasi Polri.

Dari ratusan personel yang dimutasi, 7 Kapolda mengalami pergantian. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mendapatkan promosi jabatan menjadi Kabaharkam Polri. Ia menggantikan Komjen Arief Sulistyanto yang memasuki pensiun.

Pengganti Irjen Fadil menjadi Kapolda Metro Jaya yakni Irjen Karyoto yang sebelumnya menjadi Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kemudian Kapolda Jawa Barat akan dijabat oleh Irjen Pol Akhmad Wiyagus. Irjen Akhmad akan menggantikan Irjen Pol Suntana yang memasuki purnatugas.

Lalu Kapolda Lampung yang sebelumnya dijabat Irjen Pol Akhmad Wiyagus akan digantikan oleh Irjen Pol Helmy Santika. Posisi Helmy Santika yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Gorontalo akan diisi Irjen Pol Angesta Romano Yoyol.

Lalu, Kapolda Kalimantan Barat akan dipimpin oleh Brigjen Pol Pipit Rismanto. Dilanjutkan dengan posisi Kapolda Sulawesi Selatan yang sebelumnya dijabat Irjen Nana Sudjana akan berganti ke Irjen Pol Setyo Boedi Moemponi Harso.

Ada Kapolda Sulawesi Tengah yang akan dijabat Irjen Pol Agus Nugroho. Irjen Agus menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang dimutasi sebagai Pati Lemdiklat Polri.

Wakapolda Sultra Brigjen Pol Waris Wagono dimutasi dengan jabatan baru sebagai Danpas Pelopor Korbrimob Polri.

Sementara untuk posisi Wakapolda Sultra, digantikan oleh Brigjen Pol Dwi Irianto yang sebelumnya menjabat sebagai Abalis Kebijakan Utama Bidang Pidter Bareskrim Polri.

Perlu diketahui, Kombes Pol La Ode Aries ElI Fatar yang pernah menjabat sebagai Direskrimum Polda Sultra pada 2020 lalu, kini diangkat dengan jabatan baru sebagai Kasubdit Ditipidum Bareskrim Polri.

Selain mutasi Kapolda dan Wakapolda, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar juga dimutasi sebagai pati Densus 88 Antiteror Polri. Komjen Boy memasuki masa pensiun.

Jenderal bintang tiga lainnya yang mengalami mutasi dan rotasi adalah Komjen Rycko Amelza Dahniel dimutasi sebagai pati Densus 88 Antiteror Polri. Jabatan sebelumnya Komjen Rycko yaitu Kelemdiklat Polri akan diisi oleh Komjen Purwadi Arianto.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *