Serahkan BLT-DD Kepada 42 KPM, Kades Iwoimea Jaya Harap Taraf Hidup Meningkat

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Iwoimea Jaya, Kecamatan Aere, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) periode pertama, kepada 42 keluarga penerima manfaat (KPM), di balai desa setempat, Rabu (23/3/2023).

Kades Iwoimea Jaya, Mulyadi Toreang, mengungkapkan bahwa bantuan yang diterima setiap KPM yakni Rp300.000 perbulannya, sehingga dari Januari hingga Maret total sebanyak Rp900.000.

“Jadi jumlah keseluruhanya sebanyak Rp37.800.000. Penyerahan disaksikan oleh aparatur desa dan tokoh masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan, bantuan ini diberikan sebagai upaya mengatasi kondisi kemiskinan ekstrem, berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.


BLT-DD untuk kemiskinan ekstrem sangat dibutuhkan oleh warga, apalagi adanya suatu kondisi, dimana KPM tidak dapat memenuhi kebutuhan primer keluarga.

Adapun mekanisme penyaluran BLT-DD ini, dimulai dengan pendataan yang dilakukan oleh pemerintah desa, dengan memasukkan warga miskin yang penghasilannya di bawah standar harian dan bulanan.

Selanjutnya data itu disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Koltim, lalu datanya divalidasi untuk menentukan penerimanya.

“Jadi jumlah penerima yang ditetapkan menurun. Pada tahun kemarin kisaran 40%, untuk tahun ini 10% hingga 25 persen dari pagu anggaran,” ungkapnya.

Mulyadi berharap, tahun depan taraf hidup warga Desa Iwoimea Jaya lebih baik dan tidak ada lagi yang masuk daftar miskin ekstrem. Olehnya itu, ia menekankan agar BLT yang diterima benar-benar bermanfaat dan bisa meringankan beban hidup.

“Semoga juga membantu untuk memenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *