Atasi Kemiskinan Ekstrem, Pemdes Iwoi Menggura Salurkan BLT-DD Kepada 21 KPM

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Iwoi Menggura, Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), terus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Kali ini, Pemdes Iwoi Menggura menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama tahun 2023, kepada 21 keluarga penerima manfaat (KPM), beberapa hari lalu.

Muh Ukkas selaku Kades Iwoi Menggura, kepada awak media menjelaskan, BLT-DD ini merupakan program pemerintah pusat, dalam rangka mengatasi masalah kemiskinan ekstrem.

“Masing-masing menerima Rp900.000 untuk Januari-Maret. Jumlah keseluruhan Rp18.900.000 dari dana pagu 10 persen, dimana sebagian besar yang menerima bantuan tersebut adalah janda dan lanjut usia (Lansia),” katanya.

Diungkapkan Kades, tahun 2022 lalu, sebanyak 77 KPM menjadi penerima BLT-DD, diserahkan kepada mereka yang terdampak Covid-19.

Namun tahun ini terjadi pengurangan, sebab saat ini tidak ada lagi bantuan kepada warga terdampak Covid-19, namun diganti kepada warga yang masuk kategori miskin ekstrem, sebab landasan penyaluran BLT harus disesuaikan dengan prioritas pembangunan nasional 2023.

Hal itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

Muh.Ukkas berharap, BLT-DD bisa membantu dan dapat meringankan beban warga Desa Iwoi Menggura, apalagi dalam menghadapi bulan suci Ramadan 1444 Hijriah.

“Saya berharap kepada penerima BLT-DD agar memaksimalkan penggunaan bantuan ini, untuk kepentingan dan kebutuhan pokok terlebih dahulu, daripada kepentingan yang lain,” tutupnya.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *