Kades Undolo Bagikan BLT-DD, Ekonomi Masyarakat Diharapkan Pulih

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Desa Undolo, Kecamatan Uluiwoi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), melakukan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun anggaran 2023, di balai pertemuan, Senin (13/3/2023).

“Kepala Desa Undolo Muliadi Kepada awak Media Mengungkapkan,BLT DD Tahap Pertama Di salurkan Kepada 25 Keluarga Penerima Manfaat(KPM) yang di tetapkan sebagai penerima Yang benar-benar layak mendapatkannya Sesuai Perekapan Validasi Dan inflalisasi data guna Untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi Tingkat Desa.

Sasaran penerima bantuan tersebut adalah keluarga yang kehilangan mata pencaharian, janda, lanjut usia, keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis, sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2022 Tentang Prioritas Dana Desa Tahun 2023.

Dibeberkan, besaran BLT ini Rp300.000 perbulannya, sehingga Pemdes Undolo telah membayarkan BLT-DD masing-masing Rp900.000, terhitung sejak bulan Januari-Maret.

“Adapun jumlah keseluruhan yang disalurkan kali ini sebanyak Rp22.500.000,” katanya.

Muliadi menyampaikan, penyaluran BLT-DD ini, sesuai mekanisme dan instruksi dari pemerintah, adapun Pemdes Undolo hanya mengikuti regulasi yang ada.

Penggunaan Dana Desa tahun 2023 lebih difokuskan untuk pemulihan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem dengan tetap memperhatikan permasalahan yang masih mengemuka, seperti penanganan stunting, pelaksanaan padat karya tunai desa, pengembangan ekonomi desa, serta penanganan bencana alam yang sesuai kewenangan desa.

“Saya berharap agar bantuan uang tunai ini benar-benar dipergunakan sesuai peruntukannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” tutup Kades Undolo.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *