DPRD Konut Imbau Semua Pihak Waspada Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem

Ketgam : IKBAR SH.,MH,

KONAWE UTARA, Rakyatpostonline.com – Seminggu ke depan ini, beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) diprediksi berpotensi mengalami cuaca ekstrem. Hal ini disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam pernyataan resminya, Senin, (06/02/2023).

BMKG Sultra mendeteksi kemunculan tiga bibit siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia. Kondisi ini akan mempengaruhi cuaca sejumlah wilayah akan diguyur hujan dengan intensitas lebat hingga disertai angin kencang, dan kilat/petir di beberapa daerah selama 6-12 Februari 2023.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Ikbar, SH., MH, mengatakan, cuaca esktrem dapat menimbulkan banyak kerugian, baik secara materil dan imateril. Selain itu, cuaca ekstrem dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Seperti HandPhone (Hp) maupun radio dan komputer. Selain itu, bagi mereka yang beraktivitas diluar rumah pada saat hujan disarankannya untuk bisa berteduh ditempat yang aman.

“Jika tidak ada keperluan mendesak, lebih baik mengurangi aktivitas diluar rumah. Juga penggunaan alat elektronik sebaiknya dihindari saat hujan lebat. Kewaspadaan harus kita tingkatkan, dan keselamatan kita tetap yang paling utama,” Ungkap, Ikbar kepada awak media, Selasa, (07/03/2023).

Di sisi lain, dirinya juga meminta kepada masyarakat konut maupun warga yang bekerja di konut, terkhusus dilapangan untuk selalu memperhatikan alat pelindung diri (APD) mulai dari helm, vest, sarung tangan dan sepatu yang layak.

Terlebih bagi para pekerja yang bekerja dengan resiko tinggi, seperti yang berhubungan dengan pekerja perusahaan swasta di area pegunungan, pekerja listrik, api dan lainnya saat bekerja diluar ruangan disaat cuaca ekstrim seperti sekarang, tentu prosedur K3 dalam bekerja perlu diperhatikan.

“Mulai dari pemerintah, pihak perusahaan, hingga pekerja sendiri dan masyarakat luas kami minta untuk bersama-sama saling menjaga dan memperhatikan keselamatan disaat sekarang ini. Selalu waspada terhadap potensi musibah dan lengkapi diri dengan perlengkapan keamanan selama beraktivitas,” pungkasnya.

Ikbar juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut bersama Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Konut, untuk lebih meningkatkan lagi kinerjanya. Artinya, yang harus dilakukan oleh BPBD adalah penanggulangan dini.

”Dengan cuaca ekstrem di masa beberapa hari ini, BPBD dan Damkar Konut harus lebih aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan. Khususnya di wilayah-wilayah yang rawan,” katanya.

Tak luput, pihaknya juga menghimbau para nelayan agar lebih berhati-hati dalam melaut di masa cuaca ekstrem saat ini.

”Cuacanya masih ekstrem. Nelayan harus meningkatkan kehati-hatiannya ketika sedang melaut. Mari kita bersama-sama menjaga keselamatan kita,” pungkasnya. (**)


Laporan : Syaifuddin

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *