Pemeriksaan Pendahuluan Tak Hanya di Pemkab Konut, BPK Cek Dana Hibah Parpol

Ketgam : Adonan

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – ­Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melakukan pemeriksaan pendahuluan di Kabupaten Konawe Utara (Konut), selama 20 hari kalender.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Konut, Adonan, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/2/2023), mengungkapkan bahwa pemeriksaan ini dilakukan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Konut tahun anggaran 2022.

Adonan menyebut, pemeriksaan pendahuluan ini diantaranya laporan keuangan secara umum, belum secara detail terperinci, antara lain rekapitulasi pendapatan dan belanja, hingga pada pemeriksaan hingga uji fisik di lapangan.

Saat ini proses pemeriksaan ini secara berimbang, dilakukan tim BPK sendiri dengan mengatur masing-masing strateginya, dilihat dari dokumen pelaksanaan ABPD dan fisik di lapangan.

“Sejauh ini pemeriksaan pendahuluan yang dilakukan oleh BPK, telah dilaksanakan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unit kerja. Kita kembali targetkan WTP,” ujarnya.

Dijelaskan, BPK telah masuk pemeriksaan tahap akhir untuk lingkup Pemkab Konut. Lebih dari itu, ada tambahan empat hari pemeriksaan kepada partai politik (Parpol).

BPK RI melakukan pemeriksaan di Parpol, terkait bantuan dana hibah dari Pemkab Konut, sehingga itu tetap diaudit juga, namun terlebih dahulu akan dilakukan koordinasi dengan Kesbangpol.

Setelah pemeriksaan pendahuluan ini rampung, selanjutnya LKPD Pemkab Konut bakal diserahkan kepada BPK, dijadwalkan tanggal 10 hingga 15 Maret 2023.

Setelah penyerahan LKPD, BPK menyusun jadwal pemeriksaan berikutnya, namanya pemeriksaan terinci di bulan Maret dan lebih mendalam lagi pemeriksaannya, melalui proyek fisik dan SPJ.

“Kita tentu berharap adanya WTP. Namun semuanya itu tergantung hasil audit akhir oleh BPK RI,” ucap Adonan.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *