Abdul Azis Kembali Terima Aspirasi Masyarakat Desa dalam Musrenbang Kecamatan

Ketgam : Plt Bupati Kolaka timur(Koltim)Abdul Azis mengunjugi Musrembang di 3 kecamatan mengunakan kendaraan Bermotor Mowewe Rabu(22/2/2023).

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis terus menyambangi satu-persatu wilayah kecamatan, dalam rangka memimpin kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024.

Kali ini kegiatan berlangsung di Desa Keisio Kecamatan Lalolae, Desa Ameroro Kecamatan Tinondo, dan Desa Nelombu Kecamatan Mowewe, pada hari Rabu (22/2/2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir, Sekda Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, para asisten, staf ahli, Kepala OPD, camat, Ketua TP-PKK kecamatan, TNI, Polri, tokoh masyarakat, pemuka agama, serta masyarakat umum.

Abdul Azis kepada masyarakat menyampaikan, Musrenbang tahun perencanaan 2024 ini, mengangkat tema “Pembangunan Berkelanjutan Serta Optimalisasi Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas).

“Dan hari ini kita selenggarakan Musrenbang ini sesuai dengan amanah Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” tuturnya.

Azis sapaan akrab Plt Bupati Koltim mengatakan, pelaksanaan Musrenbang kali ini merupakan titik kedua, dimana sebelumnya para kepala desa (Kades) telah merumuskan prioritas program Tahun 2024.

Lebih Lanjut ia mengatakan, melalui Musrenbang ini, seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir dapat memberikan sumbangsih pemikiran, sehingga melalui forum ini dapat mengakomodir aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

“Melalui musyawarah ini kita akan padukan kebijakan dan prioritas pembangunan pemerintah melalui organisasi perangkat daerah atau,” jelasnya.

Adapun usulan prioritas hasil pleno di tingkat desa/lurah di Kecamatan Mowewe Tahun Perencanaan 2024, sebagai berikut:

1. Usulan kegiatan Desa Watupute: Drainase, bantuan bibit alpukat dan bantuan operasional

2. Usulan Kegiatan Desa Puuosu: Peningkatan/pengaspalan jalan desa, bantuan bibit sapi dan pelatihan menjahit.

3. Usulan Kegiatan Desa Ulumowewe: Peningkatan jalan poros desa dan pengaspalan, bantuan Alsintan, alat permainan PAUD.

4. Usulan Kegiatan Desa Lambo Tua: Peningkatan jalan, bantuan bibit sapi dan pelatihan perbengkelan.

5. Usulan Kegiatan Desa Sabi-Sabila:
Rehab rumah tidak layak huni, bantuan Alsintan, pelatihan dan bantuan alat pertukangan.

6. Usulan Kegiatan Desa Lapangisi: pengaspalan jalan desa, bantuan bibit sapi, pelatihan dan pengadaan mesin jahit.

7. Usulan Kegiatan Desa Nelombu: Pembangunan jembatan penghubung ke pondok Pesantren, serta bantuan alat pertanian, alat permainan PAUD.

8. Usulan Kegiatan Kelurahan Horodopi: Rehab bak air bersih dan perpipaan, bantuan perlengkapan sanggar seni, serta pelatihan tata rias.

9. Ususulan Kegiatan Kelurahan Woitombo: Pembangunan bendung permanen, bantuan traktor mini dan alat permainan PAUD TK Pembina.

10. Usulan kegiatan Kelurahan Inebenggi: Pengerasan jalan lingkungan, bantuan bibit sapi penggemukan, pelatihan dan pengadaan alat cetak kue.

Berdasarkan usulan ini, Abdul Azis mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah Koltim agar kelengkapan data kependudukan segera dilengkapi.

“Kemarin saya ke kementerian, mereka ingin kucurkan dana 200 miliar, asalkan data kita semua lengkap, karena kalau tidak lengkap, kita tidak akan dapat tambahan dana,” jelasnya.

Jika ada tambahan dana dari pusat kata Azis, maka semua usulan masyarakat sesuai permintaan tertulis dari Kades, pasti akan terpenuhi.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *