Kadin Sultra Kirim 51 Ton Hasil Laut ke Luar Negeri

Kendari, Rakyatpostonline.Com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menjalankan misinya, kali ini dengan mengirim 51 ton hasil perikanan ke luar negeri.

Eddy Nurdin selaku Komtap Budidaya Bidang Perikanan dan Kelautan Kadin Sultra, kepada awak media, Kamis (16/2/2023), mengungkapkan bahwa 51 ton hasil laut ini terdiri dari 34 ton ikan beku dan 17 toh gurita flower.

Diterangkan, pihaknya mengirim hasil laut Sultra sebanyak dua kontainer secara bertahap, totalnya sekira 34 ton tujuan Surabaya. Selanjutnya akan di kirim ke luar negeri.

“Semuanya hasil perikanan dari laut Sultra. Ini tidak terlepas dari atensi Presiden RI dan difasilitasi oleh Ketua Kadin Sultra, Anton timbang,” katanya.

Diungkapkan, Kadin Sultra dibawah komando Anton Timbang, selalu memberikan fasilitas untuk melakukan ekspor hasil laut. Hal ini demi mempertahankan eksistensi Industri perikanan.

Menurut Eddy Nurdin, industri perikanan harus terus dipertahankan sebagai salah satu potensi di Bumi Anoa, disamping meningkat pesatnya bidang pertambangan.

Sementara itu, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari, Syahril Abdul Raup menjelaskan, langkah yang dilakukan Kadin Sultra dengan melakukan ekspor komoditas perikanan sudah tepat karena mendorong tumbuhnya industri bidang tersebut.

Dijelaskan Syahril, pada tahun 2022 lalu, ada 22 ribu ton ikan mendarat di Pelabuhan Perikanan Samudera Kendari. Pihaknya intens menarik kapal-kapal untuk terus masuk ke pelabuhan.

“Harapan saya nantinya ekspor oleh Kadin Sultra tak lagi dilakukan melalui kota lain seperti Surabaya dan Jakarta namun langsung melalui pelabuhan Kendari,” harapnya.

Lebih lanjut Kepala Koperasi Berkah Kendari, Rauf, mengaku angat bersyukur karena sebelumnya belum pernah difasilitasi melakukan ekspor untuk mendapatkan pembeli. Kini melalui Kadin Sultra, pihaknya berhasil melakukan ekspor hasil laut sultra.

“Ini adalah betuk kerjasama kami. Alhamdulillah sebelumnya kami sendiri mencari buyer dan tidak terarah. Sekarang lewat dari Kadin Sultra, kami sudah terarah dalam melakukan ekspor hasil perikanan di Sultra ini,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *