Puskesmas Tinondo Buka Pos Kesehatan, Ratusan Warga Dapatkan Pelayanan

Ketgam: Dari kiri kekanan kepala rumah sakit Dr.Munir, kadis kesehatan Barwik Sirat,Kepala puskesmas Tinondo Sukarnain(foto Istimewa)

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Bertepatan dengan hari pelantikan para Kepala Desa (Kades), se-Kecamatan Tinondo, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), pelayanan kesehatan juga dimaksimalkan.

UPTD Puskesmas Tinondo yang sadar dengan adanya keramaian oleh para pendukung Kades terpilih, memilih membuka pos pelayanan kesehatan di lapangan Kecamatan Tinondo, Rabu (8/2/2023).

Kepala Puskesmas Tinondo, Zulkarnain mengatakan bahwa ini bentuk dari dukungan Program Gemas yang dicanangkan oleh Plt Bupati Koltim, Abdul Azis, SH., MH.


“Ada sekitar 400 masyarakat yang telah dilayani di posko pelayanan kesehatan ini, sampai pada tahap pengobatan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan, Ir.Barwik Sirait, M,Si., M.PH, kepada awak media menjelaskan, pihaknya selama ini terus memaksimalkan pelayanan hingga ke luar gedung Puskesmas.

Pelayanan yang diberikan yakni skrining kesehatan, mulai dari pengukuran tekanan darah, pemeriksaan kadar gula, kemudian fasilitas maupun proses untuk mendeteksi apakah peserta memiliki risiko terhadap penyakit tertentu.

“Kalau membutuhkan pengobatan kita kasih obatnya. Kami juga memberikan edukasi kesehatan yang ada kaitannya dengan penyakit yang diderita,” ujarnya.

Kadis Kesehatan mengimbau kepada masyarakat, khususnya pemegang kartu BPJS, minimal sebulan sekali datang bertemu petugas kesehatan untuk mendapatkan pelayanan.

“Kemudian selalu proteksi diri, jaga kesehatan di rumah, sanitasi diperhatikan kemudian air bersih. juga agar kartu BPJS selalu diperhatikan keaktifannya,” tutup Kadis Kesehatan.


Laporan : Asrianto D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *