Abdul Azis Ingatkan 11 Kades Dilantik di Ladongi dan Loea Rangkul Seluruh Warganya

Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis, SH., MH, melakukan pelantikan 11 kepala desa (Kades) terpilih. Masing-masing di Kecamatan Ladongi dan Loea, Senin (6/2/2023).

Pelantikan ini, masing-masing di Kecamatan Ladongi empat Kades dan Loea sebanyak tujuh. Mereka terpilih dari hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Kabupaten Koltim tahun 2022, untuk masa jabatan 2023-2029.

Hadir dalam pelantikan, Ketua bersama beberapa anggota DPRD, Kapolres Koltim yang diwakili Kapolsek Rate-Rate, Sekda Koltim, Ketua TP-PKK, para pimpinan OPD, staf ahli, asisten, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan sejumlah pihak terkait lainnya.
Para Kades dalam pelantikan, bersumpah akan selalu taat dalam mengamalkan dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

Kemudian Kades juga bersumpah akan menegakkan kehidupan Demokrasi dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melaksanakan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya yang berlaku bagi desa, daerah dan NKRI.

Dalam kegiatan ini dirangkaikan pula dengan Pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Desa, se-Kecamatan Ladongi dan Loea untuk masa jabatan 2023-2029.

Abdul Azis mengatakan, pemimpin dilantik hari ini dititipkan amanah dan tanggung jawab sangat besar. Meski begitu, ia yakin pada Kades ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik, terutama dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakatnya.

Ia juga mengingatkan kepada Kades dan seluruh masyarakat, jangan lagi terjadi perbedaan-perbedaan yang bisa merusak tali persaudaraan, padahal Pilkades telah usai.

Kades diimbau agar merangkul seluruh warganya, tanpa melihat pilihan politik saat Pilkades. Kemudian masyarakat juga wajib mempertahankan tali silaturahmi, meskipun beda pilihan.

“Jangan lagi bahwa warga yang ini tidak mendukung di Pilkades, atau dia tidak bersama saya. Setelah dilantik jangan ada lagi seperti itu. Jadilah Kades bagi seluruh warga di desanya,” seru kosong satu Koltim ini yang dibalas tepuk tangan warga.

Abdul Azis juga memuji peran Camat Loea yang mampu menjaga dan melestarikan budaya. Terlihat saat berkunjung di pelataran Kantor Camat Loea, guna melantik para Kades terpilih, dirinya disambut hangat dengan musik sanggar seni Saraswati Desa Adat Dwitawana.

“Disini terlihat jelas bukti nyata bahwa pak Camat Loea ini menjaga dan melestarikan budaya yang ada, luar biasa Ini kolaborasi yang aktif antara forum komunikasi pimpinan daerah dan semua elemen masyarakat desa,” katanya.

Bupati berpesan agar para Kades yang baru saja dilantik periode 2023-2029 dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Karena jabatan yang saudara-saudari emban hari ini bukanlah  memikul beban yang berat seperti beton, tapi yang berat adalah beban yang ada dipundak bapak ibu,” ucapnya.


Laporan : Asrianto

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *