DPC PBB Konut Buka Pendaftaran Bacaleg, Tiga Orang Langsung Mendaftar

Ketgam : Unsur pimpinan DPC Konut Saat membuka penerimaan Calon Legislatif Partai Bulan Bintang Dapil Konawe Utara Tahun 2024 (Rabu 01/02/2023 Foto istimewa)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan bintang (PBB) Kabupaten Konawe Utara (Konut), bersama Pengurus Anak Cabang (PAC), membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) tahun 2024.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua DPC PBB Konut, Herman Sewani S.E.,S.H. Rangkaian acara berlangsung di Kecamatan Asera, Rabu (1/2/2023).

PBB kata Herman, membuka seluas-luasnya bagi para kader PBB, simpatisan, toko masyarakat, toko agama, serta elemen masyarakat lainnya agar senantiasa pro aktif dalam berpolitik, tentunya secara islami, menurut syariat Islam.

Pria yang kini menduduki kursi Ketua Komisi I DPRD Konut itu, menyampaikan bahwa PBB di Bumi Oheo kini menjadi penguasa, baik di eksekutif maupun legislatif dengan perolehan tujuh kursi.

“Hal ini menjadi bukti bahwa PBB di Konut begitu dicintai, sehingga masyarakat memberi kepercayaan dan amanah kepada PBB untuk mengabdi di Bumi Oheo,” ujarnya.

Oleh karena itu, Herman juga menyampaikan sederet rencana dengan tujuan agar DPC dan PAC lebih terorganisasi lagi dalam bekerja secara profesional.

Menurutnya, kerja-kerja pengurus organisasi PBB, baik tingkat DPC maupun PAC sangat penting, agar hasilnya lebih terukur, sesuai target, dan tetap merujuk pada rambu-rambu yang berlaku.

Ketgam : Pengambilan Formulir pendaftaran Dapil 3

Ia pun optimis, partai besutan Yuzril Ihza Mahendra ini mampu bersaing dan terus berada di puncak, dalam mempertahankan perolehan kursi legislatif dan kembali merebut tongkat kepemimpinan eksekutif tertinggi, di Kabupaten Konut pada 2024 mendatang.

Sementara itu, Sekretaris PBB Konut, Ikbal S.Kom menerangkan, pihaknya membuka pendaftaran bagi 20 orang Bacaleg, terbagi atas 4 daerah pemilihan (Dapil).

Dapil 1 meliputi Kecamatan Andowia, Asera, Oheo. Dapil 2 meliputi Landawe, Wiwirano, dan Langgikima. Dapil 3 yakni Lasolo, Molawe, Wawolesea, Lasolo kepulauan. Dapil 4, Kecamatan Lembo, Sawa Motui.

“Pendaftaran Bacaleg ini, dibuka selama satu bulan penuh, tepatnya mulai tanggal 1 hingga 28 Februari 2023,” katanya.

Ketgam : Pengambilan formulir pendaftaran Dapil 1 Andowia,Asera,Oheo

Diungkapkan, hari pertama pembukaan pendaftaran Bacaleg, tiga orang langsung mendaftar atas nama Fendrik, Hasna, dan Dasman Hamidu.

Adapun syarat berkas terdiri atas 13 item yakni sebagai berikut:
1. Surat permohonan menjadi Caleg
2. Formulir pendaftaran Caleg
3. Surat pernyataan kesiapan logistik Caleg
4. Surat pernyataan rekrutmen anggota dan saksi partai
5. Daftar nama tim kampanye/pemenangan Caleg
6. Surat pernyataan mengundurkan sebagai pengurus/anggota partai untuk Caleg yang menjadi pengurus/anggota partai lain
7. Pakta integritas Caleg
8. Rekomendasi dari DPD untuk Caleg bukan pengurus/anggota PBB
9. Rekomendasi dari pimpinan organisasi dan surat keputusan pengurusan organisasi bagi Caleg dari organisasi sayap PBB
10. Foto berwarna, 2 x 3 dan 4 x 6, masing-masing sebanyak empat lembar.
11. Fotokopi KTP dilegalisir
12. Fotokopi Kartu Tanda Anggota PBB
13. Fotokopi Ijazah SD hingga terakhir yang telah dilegalisir

Diterangkan Ikbal, setelah pengambilan formulir, ada berbagai tahapan yang harus dilalui pendaftar. Misalnya, penyerahan berkas Bacaleg, verifikasi administrasi, verifikasi faktual, tes psikologi, hingga wawancara.

Ketgam : Pendaftaran dan pengambilan formulir calon Legislatif Partai Bulan Bintang Untuk Dapil 3 yang pertama dari Pihak Jender

“Selain mengikuti aturan partai, para calon harus mengikuti persyaratan yang ditentukan oleh Undang-Undang Pemilu, contohnya larangan bagi orang yang positif sebagai pemakai Narkoba,” ujarnya.

Pada prinsipnya, PBB Konut bersifat terbuka untuk menerima Bacaleg dari internal maupun eksternal, selama mereka memiliki visi dan misi yang sejalan dengan partai.

Ikbal juga meminta kepada para kader untuk bekerja keras dalam memenangkan Pilcaleg dan Pilkada 2024. Ia meyakini, dengan infrastruktur yang sudah terbangun, PBB bisa terus berjaya.

“Tetap semangat untuk para kader agar kinerja kita membuahkan hasil, kemudian untuk Bacaleg harus sejalan dengan cita-cita partai untuk misi mengabdi kepada daerah dan masyarakat Bumi Oheo,” tutup Ikbal.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *