Dongkrak Ekonomi Masyarakat, Pemkab Konut Salurkan Bantuan Kepada 348 Pelaku UMKM

ketgam: Ruksamin Dalam sambutan menyampaikan pemberian Stimulan yang di hadiri dari unsur Forkompinda dan penerima Manfaat (01/02/23 foto istimewa Citoz)

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), melalui Dinas Koperasi dan UMKM, menggelar acara penyerahan bantuan stimulan kepada 348 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di pelataran Kantor Dinas Koperasi, Rabu (1/2/2023).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Konawe Utara (Konut), Dr. Ir. H. Ruksamin, ST., M.Si., IPU., ASEAN. Eng, Wakil Bupati (Wabup), H. Abuhaera, S.Sos., M.Si, Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda), Kasim Pagala, Asisten, Staf Ahli, serta para Kepala OPD.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Yusnah, SH, mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai upaya pembangunan UMKM, seperti peningkatan SDM melalui kegiatan pelatihan yang terus dilakukan.

Adapun bantuan hari ini, disalurkan kepada mereka yang umumnya berusaha di bidang kuliner. Melalui kesempatan ini Yusnah menyampaikan, 348 penerima bantuan ini, tersebar di 95 desa/ kelurahan, di 13 Kecamatan.

Sementara itu, Ruksamin dalam sambutannya menyampaikan, pemberian stimulun ini merupakan bentuk kesadaran Pemkab Konawe untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, agar Konut terhindar dari resesi dan inflasi ekonomi yang diprediksi akan terjadi di tahun 2023.

Inflasi kata Ruksamin, merupakan masalah semua pihak dan menjadi tanggung jawab, sehingga menjadi tanggung jawab bersama. Olehnya itu, bantuan stimulun ini merupakan upaya pemerintah untuk terus mendorong pembangunan UMKM, sebagai motor ekonomi rakyat yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi nasional.

Ungkapan rasa syukur juga disampaikan Bupati Konut dua periode tersebut, lantaran ekonomi di Kabupaten Konut terus bertumbuh, dengan menurunnya angka kemiskinan di wilayah yang dipimpinnya itu.

Demi terus menajaga kestabilan ekonomi, Ruksamin mengajak seluruh pelaku UMKM untuk membantu pemerintah daerah dalam menggerakan perekonomian di Bumi Oheo.

”Bantuan yang kita berikan ini tolong digunakan sebaik-baiknya, jangan digunakan untuk pribadi, tapi gunakan untuk membuka usaha yang dapat menunjang perekonomian ibu-ibu sekalian,” ungkapnya.

Di sela-sela sambutannya pula, H. Ruksamin menyempatkan untuk berinteraksi bersama warga untuk memastikan pelayan pemerintah sampai kepada masyarakat, seperti pelayanan BPJS.

Saat menemui salah satu warga yang belum memiliki BPJS, Ruksamin langsung mengintruksikan kepada dinas dan pihak-pihak terkait untuk segera menuntaskan masalah ini.

“Semua dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, untuk mewujudkan Konawe Utara Lebih Sejahtera dan Berdaya Saing,” tutup Ruksamin.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *