Gunakan Dana Rp200 Miliar, Pembangunan Ibu Kota Konut Dimulai Maret 2023

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut), terus menggenjot percepatan realisasi pembangunan Wanggudu sebagai Ibu Kota Bumi Oheo.

Wakil Bupati Konut, Abu Haera kepada awak media beberapa waktu lalu mengatakan, proses penataan ibu kota terus berlangsung, dengan melibatkan banyak mitra, salah satunya dari pihak Bank BPD Sultra.

Dikatakan, tahap pembangunan akan berlangsung mulai bulan Maret 2023 mendatang, pendanaannya menggunakan dana pinjaman Pemkab Konut kepada Bank Sultra senilai 200 miliar rupiah.

“Sudah sementara berproses. Pemenang tender pada pelaksanaa kegiatan tersebut orang-orangnya telah ada. Saat ini pemenang tender sedang menyelesaikan administrasi untuk melaksanakan pekerjaan,” ujarnya.

Diungkapkan, proyek penataan ibu kota merupakan kegiatan besar, sehingga memerlukan waktu untuk pelaksanaannya. Adapun desain ibu kotanya sudah ada, tinggal aksi di lapangan.

“Kami harap jangan ada masyarakat yang menilai bahwa apa yang dicanangkan terkait penataan ibu kota belum ada tanda-tanda. Semua butuh proses. Bersama bapak bupati, kami sudah memikirkan semua pelaksanaanya,” terangnya.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah (BKAD) Konut, Adonan, mengungkapkan, dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konut tahun 2023 sebesar Rp 1,6 triliun. Jumlah tersebut, sudah termasuk penataan ibu kota sebesar Rp200 miliar.

“Saat ini, pencairan dana APBD 2023 sudah mulai porses, pencairan uang persediaan (UP), termasuk gaji, untuk kegiatan proyek belum ada, tergantung dari dinasnya kalau sudah ada SPP dan SPM tagihan dari OPD baru kita proses,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *