83 Kades Terpilih di Koltim Bakal Ikut Bimtek Selama Tiga Hari

Ketgam : kadis DPMD Koltim,Irwan Kara


Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Sebanyak 83 kepala desa (Kades) terpilih pada Pilkades serentak di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), beberapa waktu lalu, akan menerima SK dari Plt Bupati Koltim, Abdul Azis, pada 2 Februari 2023 mendatang.

Irwan Kara selaku Kadis DPMD, kepada awak media, Kamis (19/1/2023) mengatakan, pelantikan Kades di tiap 12 kecamatan akan ditentukan sesuai Jadwal kegiatan bupati, diawali dari Kecamatan Lambandia dan berakhir di Kecamatan Uesi.

Usai pelantikan, para Kades bakal mengikuti bimbingan teknis (Bimtek). Hal ini dilakukan demi peningkatan kapasitas para Kades, sebagai upaya Pemda Koltim untuk memberikan wawasan, serta pemahaman agar melahirkan pemimpin yang punya tanggung jawab.

Ketgam : kabid Pemdes DPMD Koltim,Kusman Maroli

Irwan mengatakan, dengan peningkatan kapasitas ini, para Kades diharapkan dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, menghadirkan tata kelola pemerintahan desa yang bersih dan akuntabel, serta meningkatkan daya saing desa, sehingga dapat menjadi desa yang mandiri.

Senada dengan itu, Kabid Pemdes, Kusram Maroli menerangkan, pada kegiatan langkah awal yang harus dilakukan adalah pembekalan Bimtek, karena 83 Kades terpilih berasal dari berbagai macam latar profesi, disiplin ilmu, dan latar belakang sosial, mulai dari pengusaha, pedagang, petani, hingga pensiunan TNI/Polri.

Teknisnya, Bimtek akan dilepas di padang rumput yang luas sehingga dia bingung mau jadi sapi atau pengembala sapi. Maksud tujuan Itu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan pemerintahan desa dan keuangan yang baik, agar Kades terpilih itu tidak bersentuhan atau berurusan dengan penegak hukum.

Kusram berharap, Kades terpilih yang sudah dibimbing secara teknis dan terarah dengan lebih sistematis, nantinya dapat memanfaatkan sumber anggaran masuk untuk membiayai program dan kegiatan, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Saya yakin ketika dia sudah memiliki keilmuan sesuai Bimtek, tidak sembarang membawa pemerintahan desanya dengan istilah “asal mau-mau gue”. Kegiatan ini akan dilakukan selama tiga hari anggaranya lewat APBD Koltim dan lokasi kegiatan akan di koordinasikan oleh Plt Bupati Abdul Azis,” tutupnya.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *