Para Pejabat Bersama Masyarakat Koltim Nonton Bareng Pagelaran Wayang Orang “Pandowo Boyong”


Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Nonton bareng pagelaran wayang orang dengan lakon “Pandowo Boyong”, dilaksanakan di Aula SPKT Polres Kolaka Timur (Koltim), Minggu (15/1/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh sederet pejabat, antara lain, PJU Polres Koltim, Danramil Tirawuta, Kapt. Inf. Abdul Rahman, Ketua KPU Koltim, Suprihaty Prawati Nengtias, Sp.,MP, para pimpinan OPD, tokoh masyarakat, pemuka adat dan agama, serta masyarakat umum.

Pihak Polres Koltim dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, keseluruhan peserta yang ikut dalam nonton bareng ini, sebanyak 65 orang.

Dikutip dari pagelaran wayang orang lakon “Pandawa Boyong” ini, menceritakan tentang lima orang kesatria bersaudara boyongan (pindah) dari Alengka yang dikuasai Kurawa ke Astinapura.

Kepindahan itu untuk memerdekakan diri dari kekuasaan Kurawa. Mereka harus berperang melawan Kurawa yang jumlahnya jauh lebih besar dengan punya persenjataan lebih banyak, namun berkat kesungguhan yang didasarkan niat baik, Pandawa dapat memenangkan perang.

Adapun makna yang terkandung dalam cerita boyongnya Pandawa ke Astina, menjadi pesan moral masyarakat agar lebih memahami, menghayati dan mengamaikan Pancasila. Bahkan sosok dalam Pandawa Lima, relevan dengan semangat dan nilai-nilai Pancasila.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *