Kekayaannya Melimpah, Konut Disebut Daerah Primadona

Ketgam : Ketua dan anggota DPRD Konut bersama Bupati dan Wabup Konut, tokoh pemekaran, Anggota DPRD Sultra, Tim Penggerak PKK Konut, Forkopimda, OPD, Sekretaris DPRD Konut dan tamu undang turut hadir rapat paripurna HUT Konut ke 16 Tahun. Senin (02/01/2023). (*Foto Ist)


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Utara (Konut), menggelar Rapat Paripurna HUT Ke-16 Kabupaten Konut, di obyek wisata Tanjung Taipa, Desa Taipa, Kecamatan Lembo, Senin (2/1/2023).

Sidang dipimpin oleh Ketua DPRD didampingi Wakil Ketua I, II dan III serta diikuti oleh anggota. Hadir dalam kegiatan, Bupati dan Wabup Konut, tokoh pemekaran Konut, Anggota DPRD Sultra, Tim Penggerak PKK Konut, Forkopimda, OPD, Sekretaris DPRD Konut , Camat , Kades dan Lurah, KPM, tokoh masyarakat, tokoh adat, ormas serta tamu undangan.

Ketua DPRD, Ikbar, SH, MH, saat sidang paripurna menyampaikan, Konut merupakan daerah primadona di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Bukan tanpa alasan, Ikbar pun membeberkan betapa kayanya alam Bumi Oheo, mulai sektor pertanian dan perkebunan, perikanan, pertambangan bahkan sektor pariwisata yang eksotik.

Menurut Ikbar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut, telah berhasil membawa wilayah ini menjadi berkembang bahkan mulai mengalami kemajuan, dirinya sebagai dewan perwakilan rakyat, merasa patut memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada kebijakan pembangunan yang ada.

”Awalnya daerah Kabupaten Konut didominasi hutan belantara, kini telah banyak melahirkan perubahan signifikan. Buah dari pemikir, kerja sama seluruh pihak, daerah kita ini menjadi primadona bagi Sultra. Ini menjadi aset utama bagi pemerintah dan masyarakat pada khususnya,” ujar Ikbar.

Politisi Partai Bulan Bintang (PBB) itu berharap, awal tahun 2023 menjadi awal peningkatan ekonomi daerah dan masyarakat khususnya, apalagi seluruh elemen selama beberapa tahun belakangan, telah merasakan dampak pandemi Covid-19.

Menilik kebelakang kata Ikbar, pandemi menyebabkan terjadinya perubahan global, termasuk bidang ekonomi hingga ke Indonesia. Namun atas kerja sama yang baik dari seluruh pihak, daerah ini mampu mempertahankan stabilitas ekonomi.

Ia pun memuji Pemkab Konut dengan pelaksanaan Program Konasara seperti mendorong kualitas sumber daya manusia, pembinaan dan pemberdayaan, membangkitkan ekonomi UMKM, industrial dan inovasi sistem.

Bukan hanya itu, selama pandemi, Pemkab Konut juga konsisten dalam pembangunan demokrasi yang sehat, menjaga keamanan wilayah, serta membangun sarana prasarana infrastruktur, termasuk sinergitas bersama lembaga ormas dan Insan pers.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini lanjut Ikbar, Pemkab Konut dibawah kepemimpinan Bupati Konut, Ruksamin dan Wakil Bupati (Wabup), Abuhaera telah menyampaikan capaian dan keberhasilan pembangunan selama periode 3 tahun terakhir, salah satunya tingkat ekonomi mulai bankit. Tentu pencapaian ini tidak mudah untuk diraih.

”Semoga di tahun 2023 ini, ekonomi kita bisa lebih naik dari sebelumnya. Apalagi dengan ditetapkannya industri smelter Motui, pemerintah pusat sudah menetapkan Kawasan Industri Nasional, tentu semuanya akan berdampak positif terhadap daerah kita dan masyarakat,” harapnya.

Ketua DPRD Konut di akhir rapat, melantunkan sepenggal puisi, sebagai bentuk rasa syukur dan doa terhadap Bumi Oheo di masa mendatang. Berikut petikannya.

”Terlihat indah senja di Tanjung Taipa
Terkesima angin di pinggir Rawa
Tahun baru 2023 telah jumpa
Tetap semangat penuh jiwa
Nelan Tanjung Taipa menangkap ikan
Perahu berlabuh di tengah topang
Seuntai doa saya panjatkan
HUT Konawe Utara penuh harapan.
Terima Kasih Dirgahayu Kabupaten Konawe Utara”


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *