Persiapan Festival Konasara HUT Ke-16 Kabupaten Konut Dimatangkan

0
4

Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Konawe Utara (Konut) tinggal menghitung hari. Segala persiapan dilaksanakan untuk memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

Demi memastikan kesiapan Pantai Tanjung Taipa sebagai pusat acara HUT Kabupaten Konut, Bupati Konut, Ruksamin bersama Wakil Bupati (Wabup), Abu Haera yang juga sebagai Ketua Umum Festival Konasara, melakukan kunjungan pada Rabu (21/12/2022). Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Konut, Ikbar, Dandim 1430 Konut, Wakapolres, serta Kabinda.

Dalam kunjungan ini, H. Ruksamin selaku pimpinan tertinggi Pemkab Konut, mengadakan rapat koordinasi yang diikuti oleh asisten, staf ahli serta seluruh OPD. Bukan hanya itu, pihak Event Organation (EO) juga ikut dalam forum ini.

Dalam rapat ini, H. Ruksamin meminta gambaran secara umum tentang bagaimana teknis pelaksanaan Festival Konasara yang akan diisi dengan berbagai macam kegiatan dan lomba.

”Nanti saya akan undang kembali pada tanggal 24 Des untuk membedah tiap-tiap item kegiatan, untuk meminimalisir kendala yang mungkin kita hadapi. Ingat peribahasa nila setitik rusak susu sebelanga, kesalahan kecil bisa saja menggagalkan hajat kita untuk membesarkan nama Konawe Utara,” tegas H. Ruksamin.

Menjawab permintaan itu, Abu Haera memberikan gambaran bahwa persiapan sudah dilakukan semaksimal mungkin, mulai dari pembersihan area Pantai Tanjung Taipa, pembukaan pendaftaran bagi peserta lomba, hingga pada fasilitas pendukung event dan lomba.

Diungkapkan pula, perayaan HUT Kabupaten Konut ini, ada salah satu kegiatan yang diadakan di Kota Kendari yaitu Jalan Sehat Konasara Goes To Sultra.

Kegiatan jalan sehat tersebut diadakan di Kota Kendari untuk memperkenalkan Budaya Konut di Provinsi Sultra, serta menjawab kerinduan masyarakat Konut di Kota Kendari yang juga ingin berpartisipasi memeriahkan Festival Konasara.

Kemudian dari paparan yang diberikan oleh tiap-tiap kordinator event dan lomba bahwa peserta yang mendaftar sudah membludak, salah satunya untuk peserta karnaval budaya akan dihadiri kurang lebih 1000 orang dari berbagai paguyuban untuk memeriahkan HUT Kabupaten Konut.

Pemaparan ini disambut baik oleh Ruksamin. Ia pun menekankan bagi seluruh panitia untuk memperhatikan apa saja agar bisa mengakomodir para peserta.

”Tempat tinggal, kesehatan, keselamatan, keamanan untuk para peserta harus kita perhatikan, bahkan sampai kebutuhan akan ketersediaan air bersih dan sumber listrik harus kita sediakan agar para peserta dan pengunjung merasa nyaman selama mengikuti perayaan ini,” ungkap Ruksamin.

Melalui Festival Konasara ini, pemerintah daerah juga akan mengisi dengan memberikan pelayanan SIM gratis untuk para pengunjung, bekerjasama dengan Polres Konut.


Laporan : Din

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here