Diksar Paskibra di SMAN 1 Oheo, Wujud Sinergitas TNI Polri Melatih Anak Bangsa


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Kekompakan antara aparat Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), terus terlihat di berbagai wilayah.

Salah satu wujud kekompakan ini, terlihat di Bumi Oheo, dimana Kepolisian Resor (Polres) dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1430 Konawe Utara (Konut), menggelar kegiatan Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Oheo, Rabu (7/12/2022).

Kegiatan dilaksanakan di Desa Wiwirano, Kecamatan Oheo, dihadiri Kepala Unit (Kanit) Binpolmas Sat Binmas Polres Konut, Bripka Sahirman, Serka Ahirudin selaku pemateri, serta 50 orang siswa siswi sebagai peserta.

Kapolres Konut, AKBP Achmad Fatul Ulum mengatakan, pelatihan Diksar Paskibra ini bertujuan untuk membentuk jiwa nasionalisme para siswa siswi SMAN 1 Oheo.

Materi yang diberikan dalam pelatihan, berupa peraturan baris berbaris disiplin, derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa, serta semangat siswa-siswi untuk melaksanakan tugas sebagai Paskibraka nantinya.

Diterangkan, ini bertujuan melatih kedisplinan, menguatkan fisik, dan memupuk jiwa kepemimpinan para siswa-siswi, sehingga nantinya mampu menumbuhkan rasa kekompakan dan sikap tanggung jawab di sekolahnya.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk kerja sama dan sinergitas pihak TNI Polri, unsur kecamatan, serta lembaga Pendidikan dalam membentuk karakter dan kedisiplinan siswa-siswi agar lebih baik,” ucap AKBP Achmad Fatul Ulum.

Kata Kapolres, pembinaan dan pelatihan Diksar Paskibra tidak cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan adalah menciptakan kader-kader terampil dan cerdas.

Kapolres juga terus mengingatkan kepada siswa siswi, selalu mendahulukan berdoa sebelum melaksanakan kegiatan apapun termasuk dalam rangkaian Diksar ini, sehingga dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan penuh semangat, serta selalu diberikan kesehatan.

“Pelatihan ini juga bertujuan agar peserta lebih mengenal bangsanya sehingga terbentuk generasi muda bangsa yang kuat dan baik secara fisik, mental, maupun cara berpikir,” tutup Kapolres Konut.


Editor : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *