Kuatkan Visi Misi SBM AMAN, Plt Bupati Koltim Luncurkan Program Gemas


Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis meluncurkan program Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas), di ajang Koltim Fun Festival 2022, di lapangan sepak bola Loea, Kamis malam (10/11/2022).

Pembukaan fun festival dan peluncuran Gemas ini, turut dihadiri staf ahli Gubernur Sultra Bidang Kemasyarakatan dan SDM, H. Abdul Rahim, SE.,M.Si, Kadis 0arawisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sultra, H.Belli SE.M.Si, Sekda Koltim, Andi Muh Ikbal Tongasa SSTP M.Si, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRD Koltim, serta Ketua TP-PKK Koltim.

Abdul Azis dalam pidatonya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama, bahu-membahu melahirkan serta membesarkan daerah ini.

“Terlebih kepada tim pemekaran, saya tidak bisa membalas satu persatu kerja keras mereka sehingga mampu memekarkan daerah ini,” ucap Plt bupati di hadapan ribuan orang dari dalam dan luar daerah.

Dijelaskannya, program Gemas Koltim ini merupakan terobosan pembangunan terintegrasi untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah sekaligus.

Hal tersebut, termuat dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Adapun yang disasar melalui program Gemas, antara lain peningkatkan aksesibilitas, pemerataan, dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kemudian percepatan kualitas infrastruktur publik yang memadai dan efektif, serta peningkatan ekonomi masyarakat dan produktivitas pertanian, perkebunan, penguatan UMKM dan koperasi, serta pelaku usaha.

“Hari ini, tepat di Hari Pahlawan 10 November, menjadi tanda awal perjuangan dalam menghadirkan kebaikan dan keadilan yang diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka Timur,” ujar Abdul Azis.

Lanjutnya, inovasi ini bertujuan menguatkan pencapaian Visi Misi Pemerintah Daerah (Pemda) Koltim periode 2021-2026 yaitu Sejahtera Bersama Masyarakat (SBM) Kolaka Timur yang Agamis, Maju Mandiri, dan Berkeadilan (AMAN).

Apalagi katanya, potensi di Koltim sangat tinggi, salah satunya bidang pertanian dan perkebunan merupakan sektor unggulan dengan kontribusi sebesar 40,89 persen, terhadap pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Koltim.

Sasaran utama program tersebut adalah masyarakat tidak mampu, penyandang disabilitas, anak putus sekolah, penderita sakit menahun, orang lanjut usia, serta anak-anak yatim piatu.

Abdul Azis berharap, pelaksanaan program ini mendapat dukungan dari semua pihak yakni organisasi perangkat daerah, pemerintah provinsi, pemerintah pusat, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), partai politik, organisasi kemasyarakatan, serta masyarakat Koltim.

“Sebab tidak mungkin saya bekerja dan berpikir sendiri untuk 12 kecamatan, 117 desa, dan 16 kelurahan di Kabupaten Kolaka Timur. Sebatang lidi tidak dapat berbuat apa-apa, tetapi banyak lidi yang diikat menjadi satu, bisa melakukan banyak hal,” bebernya.

Sementara itu, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengucapkan selamat atas peluncuran program Gemas dan pembukaan Koltim Fun Festival 2022.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Sultra Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ali Mazi berharap program Gemas mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan wujud kehadiran pemerintah.

“Program ini diharapkan tidak hanya menjadi lumbung pangan, tapi dapat mengelolah wisata dan bisa bersaing di level nasional. Kesuksesan program ini akan membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Kolaka Timur,” katanya.

Senada dengan itu, Kadis Pariwisata Provinsi Sultra, H.Belli SE M.Si yakin dengan segala potensi yang dimilki daerah Koltim ini akan mampu menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat, salah satunya potensi UMKM yang sudah merambah di level nasional, begitupun dengan wisatanya.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *