Gerak Cepat Plt Bupati Koltim Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Lalolae


Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Plt Bupati Kolaka Timur (Koltim), Abdul Azis SH, terjun langsung memantau kondisi 33 kepala keluarga (KK) yang terdampak banjir, di Kelurahan Lalolae, Kecamatan Lalolae, Minggu (13/11/2022).

Hujan yang terjadi selama 2 jam pada sore hari kemarin, Sabtu (12/11/2022) sempat menggenangi pemukiman warga, sehingga banyak menimbulkan kerugian bagi masyarakat, seperti kebutuhan air bersih akibat pipa rusak, furnitur  yang terendam air, serta rumah warga dipenuhi lumpur.

Abdul Azis yang didampingi Plt Kepala BPD, Bastian, Plt Kadis Sosial Maryono, Plt Kadis PUPR Arisman, serta Camat Lalolae, Muh Sahlan, juga memberikan bantuan kepada para korban berupa mi instan, air mineral dan kebutuhan pokok lainnya.

Selain bantuan makanan, bupati memerintahkan untuk segera dibangun dapur umum, menyiapkan air bersih, membersihkan sisa-sisa lumpur menggunakan mobil pemadam, serta menurunkan tim medis.

Plt bupati mengimbau kepada seluruh korban dan masyarakat Koltim secara keseluruhan untuk tetap tenang dan tetap berhati-hati, ditengah kondisi curah hujan yang tidak menentu saat ini.

Diterangkan, bencana mungkin akan datang tiba-tiba kapanpun, sehingga masyarakat senantiasa siap sedia, terutama barang berharga agar disimpan ditempat aman.

“Begitupun anggota keluarga kita yang lain untuk selalu saling menjaga dan meyakinkan kepada korban banjir. Saya dan pemerintah daerah tidak akan tinggal diam atas bencana yang terjadi seperti ini,” bebernya.

Selain itu, Plt Kadis Sosial, Maryono S.Pd., M.Si mengatakan, pihaknya akan membangun dapur umum, termasuk membagikan sembako dan berkolaborasi dengan BPBD Koltim dalam penanganan warga yang terdampak bencana banjir.

Setelah melihat langsung kondisi korban banjir, bupati juga melihat kondisi irigasi yang rusak yang menjadi salah satu penyeban terjadinya banjir tersebut.

Ia kemudian memerintahkan Kadis PUPR untuk menghitung volume jaringan irigasi, jika memungkinkan bakal masuk anggaran BTT atau anggaran belanja tidak terduga.

“Akibat banjir tersebut, saluran perpipaan air bersih rusak, sehingga ada pasokan air bersih ke masyarakat. Saat ini, sementara dalam perbaikan dan diharapkan malam ini sudah selesai,” tutup Abdul Azis.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *