Cegah Penyakit Ternak Sapi, Distanak Konut Siapkan 10.000 Dosis Vaksin


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Konawe Utara (Konut), terus melakukan upaya pemeliharaan kesehatan ternak sapi.

Kepala Distanak Konut, Ir. Sadeli, M.Si, kepada awak media, Selasa (8/11/2022) mengatakan, pihaknya mengadakan program vaksinasi ternak sapi, demi mencegah dan mengatasi adanya berbagai penyakit pada hewan tersebut, khususnya pada kuku dan mulut.

Tak main-main, agar program ini berjalan maksimal dan menyentuh seluruh sapi ternak di Kabupaten Konut, Distanak menyiapkan 10.000 dosis vaksin.

“Yang mana penyakit mulut dan kuku ini lagi mewabah di seluruh Indonesia, karena pada umumnya semua hewan ternak terkena penyakit mata dan cacingan,” bebernya.

Diungkapkan Ir. Sadeli, sebagai permulaan, stafnya yakni Risnandar Salam, S.Pt.,M.M telah memimpin langsung kegiatan vaksinasi di Desa Tangguluri, Kecamatan Asera, didampingi Dokter Hewan, DR Syrip Hidayat, bersama tenaga medis, Muhammad Ikhwan, S.Pt, Hasrianto, S.Pt, Afikrayansah, S.Pt, WD Astriyani, S.Pt.

Distanak Konut akan terus melakukan vaksinasi hewan untuk memberikan kesehatan bagi ternak yang terjangkit penyakit mata, mulut, serta cacingan.

Ia pun menghimbau kepada pemilik ternak sapi, setelah selesai diberikan pengobatan atau vaksin, ternak harus dibuatkan kandang, sehingga aman dari penyakit.

Selain itu, dengan adanya kandang ternak, maka mengurangi hewan berkeliaran di wilayah umum yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

“Karena ini juga sudah diatur dalam Perda yang dikeluarkan oleh Pemda, dimana bagi pemilik ternak sapi yang masih berkeliaran di lintas poros akan kena sanksi atau denda sesuai yang ditetapkan oleh Bupati Konawe Utara bapak Ruksamin,” tutup Kepala Distanak Konut.


Editor : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *