Plt Bupati Percayakan Sepenuhnya Urusan Porprov Sultra 2022 ke KONI Koltim


Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) telah bersiap dalam mengikuti Porprov Sultra 2022, di Kota Bau-bau dan Buton pada 26 November 2022 mendatang.

Mengenai teknis persiapannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim), memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada KONI untuk menyeleksi para atlet.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim, Abdul Azis, SH, kepada awak media, Jumat (4/11/2022), mengungkapkan bahwa pihaknya hanya memberikan dukungan dari sisi penganggaran saja.

“Karena untuk persoalan teknis KONI Koltim yang lebih tahu, bukan kita selaku pemerintah daerah, kami tidak bisa mengintervensi sampai kesitu,” ujarnya.

Pria yang biasa di sapa Azis itu juga menyampaikan, terkait keabsahan dan adanya dualisme, Pemkab Koltim hanya menunggu keputusan KONI Provinsi Sultra. Meski begitu, dirinya menegaskan bahwa secara utuh pihaknya menyerahkan ke KONI untuk mempersiapkan atlet di Porprov Sultra.

Sementara itu, ketua DPRD Koltim, Suhaemi Nasir menanggapi isu dualisme pengurus KONI hasil Musda dan penunjukan Karteker, ia melihat ada beberapa surat keputusan (SK) adanya mosi tidak percaya. meskipun begitu dirinya tidak mau terlalu jauh untuk berkomentar terkait persoalan tersebut,

“Saya menyarankan agar mereka konsultasikan ke KONI Provinsi kalau perlu sampai ke KONI pusat kalau merasa dirugikan,” jelasnya

Melansir dari berita media online RRI.Co.Id, menurut Suwandi selaku ketua harian KONI Provinsi Sultra, untuk kepengurusan KONI Koltim yang dipimpin Muhammad Juniardi Madjid, sejauh ini masih dinyatakan sah secara hukum, meskipun beredar informasi jika KONI setempat telah diambil alih oleh Karteker.

“Di Kolaka Timur itu, tentu kita harus menghargai proses dan tahapan yang dilalui seperti Musda, pelantikan dan rapat kerja, sehingga melahirkan kepengurusan baru secara sah yang dipimpin oleh Muhammad Juniardi Madjid, sehingga dapat kita katakan bahwa KONI di Koltim tidak ada masalah,” ujar Suwandi.

Suwandi berharap, Pemda dan KONI Koltim segera mempersiapkan atletnya untuk menuju Porprov XIV di Buton dan Baubau, apalagi didaerah itu banyak potensi atlet berprestasi.

Di tempat yang berbeda, ketua KONI Koltim, Muhammad Juniardi Madjid mengatakan, sudah 8 cabang olaharaga (Cabor) yang memasukan proposal dari 16 cabor yang dipersiapkan.

Meskipun sudah menerima proposal dari sejumlah Cabor, pihaknya sampai saat ini masih menunggu ketegasan dari Plt Bupati Koltim, terkait siapa yang akan bertanggungjawab dalam mengelola persiapan Porprov yang tinggal menghitung hari, termasuk dari sisi penganggaran yang sampai hari ini belum ada ketegasan proses pencairan dana untuk kebutuhan para atlet.

“Kalau memang pemda serius untuk mengirimkan atletnya di porprov maka harus segera mencairkan dana KONI, karena ada beberapa cabor yang akan dipertandingkan sebelum pembukaan Porprov” harapnya.


Laporan : Asrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *