Pemdes Matabenua Salurkan BLT, Bantuan Stunting hingga Ketahanan Pangan


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Matabenua, Kecamatan Landawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), menyalurkan berbagai jenis bantuan kepada warganya, selama tahun 2022.

Dibawah komando Plt. Kepala Desa (Kades) Matabenua, Abdullah, sebanyak 67 keluarga penerima manfaat (KPM) dari 68 kepala keluarga (KK) diberikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

“Ini sudah diserahkan masuk tahap ketiga terhitung 9 bulan. Selanjutnya tinggal menunggu tahap selanjutnya,” terang Abdullah kepada media Rakyatpostonline.

Selanjutnya, Pemdes Matabenua juga merealisasikan ketahanan pangan berasal dari anggaran Dana Desa 20%, sehingga diadakan pembukahan lahan seluas setengah hektar yang terbagi dari Dusun 1,2 dan 3.

Lahan tersbeut digunakan untuk penanaman bantuan bibit lombok, terong, kangkung, kacang panjang, lengkap dengan kawat duri, tangki semprot, 1 tower air, 1 pipa selang 102 gulung, pacul, linggis dan pupuk kandang 45 karung.

“Kemudian ada lahan empang ikan lele, lengkap dengan terpal dan kawat duri, terbagi dari Dusun 1, 2, dan 3,” ucapnya.

Selain itu, ada juga pengadaan obat herbal MJA demi pencegahan Covid-19. Selain itu ada bantuan pengadaan stunting, susu, dan bubur balita.

Berbagai jenis bantuan ini direalisasikan menggunakan DD sebesar Rp609.660.000, ditambah Alokasi Dana Desa (ADD) APBD 348.294.000, total Rp957.954.000.

“Semua kegiatan yang ada sudah hasil Musyawarah Dusun (Musdus,) dan baru kejenjang Musyawarah Desa (Musdes) dan ada juga program dari pusat kami juga sudah jelaskan kepada masyarakat seperti Penerima BLT dan ketahanan pangan,” bebernya.

Jenis bantuan apapun itu, kami juga dari pemerintah Desa (Pemdes) menghadirkan dari Bhabinkantimas, Babinsa, pendamping desa dan dari lembaga desa, dan toko masyarakat dan toko pemuda.


Laporan : DIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *