Sosialisasi Peremajaan Kebun Sawit, Ruksamin Harap Lapangan Kerja Meluas hingga Luar Konut


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin membuka secara resmi sosialisasi peremajaan perkebunan kelapa sawit Tahun 2022, diselenggarakan di Hotel Oheo, Rabu (5/10/2022).

Kegiatan ini digelar oleh Dinas Perkebunan, ditujukan bagi para pelaku usaha perkebunan sawit di Kabupaten Konut, demi memajukan ekonomi masyarakat.

Turut hadir melalui via zoom, Ketua Tim Peremajaan Kelapa Sawit Direktoral Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian RI, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XXII Kendari, Kepala Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan.

Sementara itu, hadir langsung di Hotel Oheo, Ketua DPRD, Forkopimda, Kepala BPKH, Tim Peremajaan Kelapa Sawit Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Camat, KUD, dan pekebun sawit.

Dalam sambutanya bupati memaparkan luas areal perkebunan kelapa sawit di kabupaten konawe utara, sehingga sektor perkebunan menjadi salah satu andalan dalam mengembangkan perekonomian daerah dan masyarakat.

Dijabarkan, luas tanaman kelapa sawit mencapai kurang lebih 24.554 ha, terdiri dari PT Perkebunan Nusantara XIV seluas 3.953 Ha dengan luas lahan llasma 2.500 Ha dan luas lahan inti 1.453 ha.

Kemudian lahan milik petani yang menjadi plasma di PT Damai Jaya Lestari seluas 6.005 ha, lahan milik petani yang menjadi plasma di PT Sultra Prima Lestari seluas 6.596 Ha.

“Sehingga Kabupaten Konawe Utara memiliki potensi perkebunan yang merupakan aset dan modal dasar pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar bupati.

Ruksamin memberikan instruksi kepada instansi terkait untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, guna mendukung kelancaran dan keberhasilan peremajaan kelapa sawit di Konut.

Selain peremajaan perkebunan kelapa sawit, Ruksamin menganggap perlu juga diperhatikan pemberdayaan masyarakat selama proses peremajaan tanaman sawit, sehingga sektor perkebunan menjadi salah satu penyedia lapangan kerja bagi masyarakat, hingga menjangkau mereka yang berada diluar Kabupaten Konut.

Tidak lupa bupati menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan berbagai pihak dalam mensukseskan visi misi Kabupaten Konawe Utara menuju Konawe Utara yang lebih Sejahterah dan Berdaya Saing.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak dengan memberi perhatian pada komoditi kelapa sawit sebagai strategi utama dalam mewujudkan visi pembangunan Konut, sebagaimana telah digalakkan Pemda melalui strategi revitalisasi perkebunan rakyat dalam bentuk kegiatan ekstensifikasi, peremajaan dan perluasan kebun rakyat,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *