Selaras dengan Cita-cita Daerah Sultra, Pangdam Hasanuddin Dorong Pelaksanaan Slogan 6K


Kendari, Rakyatpostonline.Com – Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han)., didampingi Ketua Persit KCK PD XIV Hasanuddin, Desi Totok Imam, hadir di Kota Kendari pada Kamis (15/9/2022).

Rombongan ini juga datang bersama Pejabat Utama (PJU) Kodam, dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kodim 1417/Kendari, tepatnya di Jl. Sam Ratulangi, Kota Kendari.

Kunjungan Pangdam disambut dengan laporan Dandim 1417/Kendari, Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto S.I.P., dan jajaran kehormatan oleh prajurit Kodim 1417/Kendari.

Dalam kunjungannya, Pangdam memberikan pengarahan kepada seluruh personel Kodim 1417/Kendari baik personel militer, PNS maupun Ibu-Ibu Persit KCK Cabang L Kodim 1417/Kendari.

Pangdam dalam arahannya mengatakan, dirinya akan mengecek perintah yang diberikan oleh Kasad dan Panglima TNI, mengenai ketahanan pangan dan ketahanan sosial di wilayah kerjanya. Selain itu Pangdam juga mengecek perkembangan program penanganan Covid-19 dan masalah stunting.

Dijelaskannya, berdasarkan laporan dari Danrem dan Forkopimda yang diterimanya, perkembangan penanganan kasus Covid-19 sudah bisa ditekan.

“Kemudian masalah stunting saat ini di Kendari sudah di bawah standar nasional 24 persen, kemudian Kendari juga sudah di angka 20 persen dan ada komitmen dari Pak Wali Kota dan ketua dewan, Forkopimda untuk menurunkan lagi angka stunting,” tuturnya.

Selanjutnya Mayjen Totok mengatakan, kedepan nantinya akan direncakanan penambahan Kodim ataupun Koramil, karena di Sultra baru terdapat 5 Kodim dan di Kodim Kendari terdapat 17 Koramil.

Pada kesempatan ini pula Pangdam menekankan tentang slogan 6K di hati kita yang merupakan slogan Kodam XIV/Hasanuddin, agar dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas. 6K yang dimaksud yakni Karakter, Kapabel, Kontemporer, Kompak, Kesemestaan, Kerakyatan.

“Kemarin saya bersilatuhrahmi dengan pak gubernur beserta Forkopimda, dan juga para tokoh masyarakat, agama, adat, beliau semua menerima kita dengan baik dan 6K ini cocok dengan apa yang menjadi keinginan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan, kedepan pihaknya bakal bersama-sama dengan komponen yang lain, ada komponen utama, komponen hukum dan komponen cadangan, sehingga mengajak rakyat dan memberi pemahaman mengenai wawasan kebangsaan sehingga jika nanti suatu saat, bila diberdayakan maka sudah siap.

Di tempat yang sama Wali Kota Kendari, Zulkarnaen Kadir, S.E., M.E., merasa bangga mendapat kunjungan dari Panglima di Kota Kendari dan berharap tidak bosan untuk mengunjungi Kota Kendari.

Wali Kota menjelaskan, selama ini sinergi yang terbangun antara TNI dengan pihak Pemerintah Kota Kendari sangat baik. Salah satu buktinya yakni saat penanganan Covid-19, kerja sama dan koordinasi berjalan lancar.

“Semoga kehadiran beliau dapat memberikan motivasi kepada kami untuk menjalin sinergi. Semoga bapak Panglima tidak bosan untuk mengunjungi kami dan kami terus siap untuk berkoordinasi,” tutup orang nomor satu di Kota Kendari itu.


Laporan : Sul

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.