Partisipasi Pemilih Konut Tertinggi di Sultra, Bawaslu Bersama OKP Komitmen Tingkatkan Pengawasan


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi pengawasan partisipatif pada pemilihan umum tahun 2024 mendatang, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan kesepakatan bersama, antara Bawaslu dengan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) tingkat Konut.

Ketua Bawaslu Konut Burhan, dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan satu momen penting, mengingat angka partisipasi pemilih di Konut menjadi yang tertinggi di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Olehnya itu, Burhan berharap bukan hanya partisipasi angka pemilih yang naik, tetapi pengawasan partisipatif juga bisa naik. Olehnya itu, ia mengajak OKP dan masyarakat untuk meningkatkan pengawasan demi menjaga nilai-nilai demokrasi dalam Pemilu nanti.

“Terimakasih yang telah hadir pada hari ini. Ini menunjukkan bahwa peran partisipatif sudah mulai tumbuh kita lihat,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Konut, H Ruksamin menyampaikan, Pemilu tahun 2024 dilaksanakan secara bersama di seluruh Indonesia baik itu pemilihan presiden, legislatif di tingkat kabupaten/kota maupun pada tingkat Provinsi Sultra.

“Nah untuk mengukur kualitas satu ukuran, paling tidak kualitas pimpinan yang terpilih, itu salah satunya diukur dari kualitas demokrasi yang terbangun di suatu daerah,” terangnya.

Ia juga menambahkan, pada pemilukada sebelumnya, Konut menempatkan dirinya sebagai urutan pertama terhadap partisipasi pemilu.

Olehnya, pemerintah berada di garda terdepan melakukan kerja sama dengan Bawaslu untuk memberikan pendidikan politik, karena kadang kala terjadinya kesalahan lantaran masyarakat tidak paham terhadap aturan-aturan yang ada.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.