Mantan Kades Laloosu Kembali Bertarung dalam Pilkades 2022


Konawe, Rakyatpostonline.Com – Solihin, mantan Kepala Desa (Kades) Laloosu, Kecamatan Wonggeduku, Kabupaten Konawe, menyatakan kesiapannya untuk bertarung dalam kontestasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada akhir Oktober 2022 mendatang.

Pria kelahiran Subang, Jawa Barat (Jabar) tersebut, kepada media Rakyatpostonline, Minggu (11/9/2022) mengatakan, pada ajang Pilkades ini, visi dan misi menjadi syarat penting untuk menunjukkan kualitas diri.

Pengalaman dan titel menurutnya, belum tentu menjaminkan kesuksesan dan keberhasilan suatu desa, tetapi dengan adanya visi dan misi yang baik, masyarakat bisa melihat arah kinerja oleh Kades terpilih nantinya.

Solihin mengaku termotivasi untuk ikut serta dalam perhelatan Pilkades, dengan niat tulus ingin lebih meningkatkan lagi pembangunan di Desa Laloosu yang dianggapnya masih kurang maksimal.

“Walaupun saya bukan putra daerah akan tetapi saya orang pertama yang menginjakkan kaki disini dengan keluarga di Desa Laloosu, maka secara moral saya ikut bertanggung jawab bagaimana desa ini berkembang lebih baik kedepannya” jelas Solihin.

Ketika nantinya saya terpilih sebagai Kades, pembangunan pertama kali yang dilakukan adalah Kantor Desa Laloosu. Menurutnya, bangunan ini merupakan rumah masyarakat yang begitu penting.

“Saya melihat selama ini kegiatan untuk pembangunan fisik kantor desa pasif, maka saya mempunyai pemikiran bahwa satu-satunya program pertama saya adalah untuk membangun dan membenahi kantor desa,” ungkapnya.

Kantor desa sebagai rumah masyarakat kata Solihin, maka alangkah eloknya jika warga Laloosu dengan jumlah penduduk mencapai ribuan jiwa, punya satu bangunan yang bisa diberdayakan.

“Jadi ketika nantinya saya terpilih untuk menahkodai Desa Laloosu, saya juga akan berupaya untuk membangun SDM dan SDA sesuai dengan komitmen visi dan misi,” tambahnya.

Adapun visi dan misi Solihin sebagai salah satu kandidat Cakades Laloosu, adalah sebagai berikut:

VISI
Membawa desa kearah yang lebih baik dari segala sisi dengan sebuah pelaksanaan yaitu sebagai jati diri desa adalah kantor desa maka diupayakan lewat sumber daya alam yang ada, karena Desa Lalousu mempunyai SDA cukup bagus dibanding desa-desa lain, maka Kantor Desa Lalousu bakal lebih baik, lebih rapi agar pelayanan masyarakat lebih nyaman.

MISI
Pertama, harus melakukan pembenahan seluruh kelembagaan desa baik kelembagaan pemerintah, lembaga perwakilan masyarakat, lembaga sosial, lembaga ekonomi dan sebagainya.

Kedua, memberi kemudahan terhadap pelayanan masyarakat melalui musyawarah mufakat, dengan sebuah perlakuan skala prioritas, serta mengedepankan keterbukaan dan transparansi.

Pria yang lahir 49 tahun lalu ini juga mengatakan, walaupun dirinya bukan pribumi asli, namun jika masyarakan nantinya mempercayakan memimpin Desa Laloosu, maka ia tetap menjunjung tinggi adat istiadat Suku Tolaki.

“Saya juga termasuk ada keterkaitan dengan keturunan saya karena saya berhubungan dengan penduduk asli di sini sehingga kami memiliki keturunan asli Tolaki,” bebernya.

Dengan itu, maka dengan sendirinya Solihin secara pribadi yang juga sebagai masyarakat akan memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjunjung tinggi adat dan budaya Suku Tolaki karena tanah ini menjadi tempat cari makan dan minum semua warga termasuk dirinya.

Selain itu, budaya toleransi antar umat beragama mesti dijunjung tinggi agar semua bisa berjalan baik hidup nyaman, tenteram, dengan saling menghargai satu sama lain.

Kemudian Solihin menjelaskan bahwa generasi muda merupakan kelompok yang harus dibina dengan baik, sehingga menghasilkan pemimpin masa depan.

Tak hanya itu, dibawah pemerintahannya nanti generasi muda harus diberdayakan, sehingga dapat bermanfaat di tengah-tengah masyarakat.

Setiap tahun nantinya, kegiatan-kegiatan generasi muda akan menjadi program unggulan atau menjadi agenda rutin, khususnya karang taruna baik olahraga, seni, budaya dan keagamaan, agar mereka dipersiapkan mentalnya menjadi mental yang berbasis intelektual dan keagamaan.

Ditempat terpisah, Suryo Eka P, S.Pd, selaku tokoh pemuda Desa Laloosu mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung Solihin sebagai calon Kepala Desa Laloosu sebagai sosok pekerja keras.

“Saya sangat mendukung dengan saudara pak Solihin, dia pekerja keras tekadnya bagus dan ingin merubah Desa Laloosu menjadi lebih baik dari sebelumnya dan saya sebagai tokoh pemuda berharap beliau terpilih sebagai kepala desa nantinya yang akan di gelar akhir bulan Oktober,” harapnya.


Laporan : Astianto
Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.