Dinkes Konut Genjot Program ODF dan STBM


Konawe Utara, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), terus melaksanakan berbagai programnya demi kepentingan publik.

Kali ini Dinkes menggelar pertemuan, dalam rangka koordinasi percepatan Open Defecation Free (ODF) dan lima pilar program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat Kabupaten Konut Tahun 2022.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Konut, Nurjannah melalui sekretarisnya, Yahya kepada awak media, Rabu (14/9/2022) menjelaskan, program ini sangat penting untuk segera dijalankan.

Sasaran program ini yakni menghilangkan kebiasaan buang air besar sembarangan, meningkatkan kualitas sanitasi, sehingga angka penyakit berbasis lingkungan seperti diare dapat berkurang, apalagi penyakit semacam ini sering menyerang anak-anak.

“Pertemuan ini dilakukan guna untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan khususnya dari Kepala Desa, Kepala Puskesmas, serta petugas sanitasi se-Kabupaten Konut, untuk mewujudkan kota sehat,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari hasil pertemuan itu telah menghasilkan satu komitmen, semua kepala desa dan Puskesmas, pada akhir tahun ini bisa mewujudkan ODF dengan presentasi 80%.

Untuk mencapai presentasi tersebut, sambung dia, tentu kordinasi dari lintas sektor khususnya dari PU, Bapeda, DPMD, sangat diharapkan, sehingga dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan pertemuan terkait dengan ODF.

“Sekarang ini sudah mulai pendataan pembangunan, kloset, jamban agar masyarakat tidak lagi membuang air besar di sembarang tempat,” tutupnya.


Laporan : Syaifuddin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.