Pemdes Napoosi Salurkan BLT-DD hingga Bangun Drainase


Konawe, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Napoosi, Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, terus merealisasikan berbagai programnya, demi kepentingan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Napoosi, Muh Fadil, kepada media Rakyatpostonline, Jumat (2/9/2022), mengatakan bahwa pihaknya baru saja menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap II Juli-Agustus.

Total penerima BLT-DD di Desa Napoosi sebanyak 81 KPM. Masing-masing menerima bantuan sebanyak Rp300.000 perbulannya, sehingga total untuk tahap II Rp600.000 setiap KPM. Ketentuan teknis mengenai hal ini diatur dalam Surat Edaran Bupati Konawe.

Penyaluran BLT-DD dihadiri oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa Napoosi, serta pendamping desa, sehingga kata Kades, program ini tentu tepat sasaran kepada mereka yang berhak.

“Adapun anggaran keseluruhan tahap dua sebesar Rp48.600.000. Saya mengimbau kepada KPM agar BLT-DD ini dapat digunakan sebaik-baiknya, sehingga bermanfaat serta meringankan beban yang ada,” ucapnya.

Selain BLT-DD kata Kades, pihaknya juga tengah melaksanakan program lainnya yakni pembangunan drainase tahun anggaran 2022, dengan tujuan memperlancar arus pembuangan air, sekaligus mengantisipasi melimpahnya air hujan ke badan jalan.

Program drainase ini sesuai fungsi dari Dana Desa (DD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang mewajibakan dikelola dengan baik dan tepat, termasuk di bidang infrastruktur.

“Kami membangun drainase sepanjang 175 meter Dengan anggaran sebesar Rp112.390.600, berlokasi di Dusun 1 Desa Napoosi,” kata Muh.Fadil.

Menurut Kades, tujuan utama diprioritaskan pembangunan tersebut adalah untuk kepentingan orang banyak, dengan harapan jika drainase itu ada, maka air tidak tertampung di badan jalan, sehingga warga tidak terganggu pula.

Lebih lanjut dikatakan, dengan adanya program pembangunan drainase, semua masyarakat mendukung, karena merasa sudah diperhatikan aspirasinya. Selain itu warga pun ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan program tersebut.

“Alhamdulillah pelaksanaan pekerjaan drainase sedang berjalan, sesuai dengan yang diharapkan masyarakat, terlebih lagi dikerjakan oleh warga desa Napoosi sendiri sehingga proyek drainase tersebut mampu menyerap tenaga kerja dari warga setempat,“ tutup Muh Fadil.


Laporan : Asrianto D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.