Plt Bupati Koltim Buka Sosialisasi Pilkades Serentak


Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kolaka Timur (koltim), menggelar sosialisasi tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) di aula Pemda Koltim, Desa Lalingato, Kecamatan Tirawuta, Selasa (31/8/2022).

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh pelaksana tugas (Plt) Bupati Koltim, Abdul Azis. Hadir dalam kegiatan, Ketua TP PKK, Hartini Abdul Azis S.Pd, Sekretaris Daerah (Sekda), Andi Muh Iqbal Tongasa S.STP MSi, Ketua DPRD, Suhaemi Nasir S.Pd, Kapolres Kolaka, AKBP Resza Ramadianshah SIK, perwakilan Kajari dan Dandim Kolaka, para Kepala OPD, seluruh camat, kepala desa, serta lurah se-Koltim.

Kepala Dinas DPMD Koltim, Irwan Kara, S.Sos, dalam sosialisasi ini mengungkapkan, Pilkades serentak ini bakal digelar pada Desember mendatang, diikuti 83 desa dengan masa periode 2017-2022.

Rinciannya, Kecamatan Tirawuta, 9 Desa, Kecamatan Loea 7 Desa, Kecamatan Ladongi 4 Desa, Kecamatan Poli-polia 7 Desa, Kecamatan Dangia 10 Desa, Kecamatan Lambandia 11 Desa, Kecamatan Aere 7 Desa, Kecamatan Tinondo 6 Desa, Kecamatan Lalolae 3 Desa, Kecamatan Mowewe 4 Desa, Kecamatan Uluiwoi 6 Desa, serta Kecamatan Ueesi 9 Desa.

Sementara itu, Plt Bupati Koltim, Abdul Azis SH, dalam sambutannya, menaruh harapan agar seluruh pihak dapat menyukseskan pesta politik tingkat desa ini, dengan aman dan lancar.

Ia juga mengimbau, anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), melalui fungsi pengawasan harus memastikan bahwa Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) nantinya, menjalankan seluruh tahapan Pilkades Koltim Tahun 2022 dengan baik.

Tahapan kegiatan harus diumumkan dan disosialisasikan PPKD kepada masyarakat melalui papan pengumuman dan tempat-tempat umum lainnya, sehingga masyarakat dapat mengetahui rangkaian kegiatan Pilkades serentak, serta turut mengawasi jalannya perhelatan demokrasi ini dari awal sampai akhir.

Panitia penyelenggara Pilkades yang menyelenggarakan setiap tahapan sebutnya, wajib memahami dengan baik tata cara pemungutan dan penghitungan suara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kemudian kepada para camat, diharapkan untuk memberikan fasilitasi pada setiap musyawarah pembentukan PPKD yang diselenggarakan oleh anggota BPD di setiap wilayah kecamatannya.

Abdul Azis menginginkan, gelaran pesta demokrasi ini berjalan lancar. Oleh karena itu, sinergitas antara pemangku kepentingan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Mari berkerja secara kooperatif dan kolaboratif, sehingga kita mampu sukseskan Pilkades serentak Kabupaten Koltim serta dapat memilih kepala desa yang amanah dan profesional,” ujarnya.

Diakhir sambutan, Plt Bupati Koltim menyampaikan, tolok ukur keberhasilan Pilkades yang berkualitas, demokratis dan berintegritas, ada di tangan panitia Pilkades, sehingga menjaga netralitas menjadi yang utama.

“Harapan kami selaku Pemda Koltim yakni terwujudnya Pilkades yang aman dan damai, melalui peran serta pihak keamanan dibawah naungan Polres Kolaka dan Kodim 1412 Kolaka. Semoga pengabdian dan komitmen kita dalam melaksanakan tugas menjadi amal ibadah bagi kita semua,” tutup Abdul Azis.


Laporan : Yunk ricki Refli Faat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.