Tak Hanya BLT-DD, Pemdes Trimulya Juga Salurkan Bantuan Bibit Ikan


Konawe, Rakyatpostonline.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) Trimulya, Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, menyalurkan bantuan langsung tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2022 kepada 70 keluarga penerima manfaat (KPM).

Tak hanya itu, Pemdes Trimulya juga menyalurkan bantuan bibit ikan nila, termasuk pakan, sebagai wujud kepedulian terhadap kebutuhan masyarakat yang ditampung saat musyawarah desa (Musdes).

Kepala Desa (Kades) Trimulya, kepada media Rakyatpostonline, Sabtu (27/8/2022) mengungkapkan, penyaluran BLT-DD telah dilaksanakan di Kantor Balai Desa Trimulya beberapa hari lalu.

BLT-DD tahap pertama yakni bulan Januari hingga Mei senilai Rp1.500.000 untuk masing-masing KPM, dengan rincian Rp300.000 setiap bulannya. Total keseluruhan anggaran yang terpakai sebesar Rp105.000.000.

Kemudian tahap kedua, dibagi menjadi dua sesi. Pertama pada bulan Juli, Juni, hingga Agustus, dengan total Rp63.000.000 untuk 70 KPM yang masing-masing menerima Rp900.000 . Kemudian sesi kedua untuk September dan Oktober akan disalurkan nanti.

Dalam setiap Penyaluran BLT-DD ini, selalu dihadiri oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat desa, dan pendamping desa. Pemdes Trimulya selaku penyalur BLT-DD tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.

Dalam Sambutannya, Kades berharap agar BLT-DD ini digunakan sebaik-baiknya aga bisa bermafaat bagi warga dan untuk meringankan beban KPM di Desa Trimulya, ditengah tekanan ekonomi akibat dampak Covid-19.

Lanjut Kades, adapun untuk ketahanan pangan pengadaan bibit ikan bila di desa Trimulya Sebesar Rp140.000.000, sudah termasuk pakan, dan lain lain.

Menurutnya, pengadaan bibit ikan sesuai permintaan masyarakat ini merupakan langkah tepat, karena memang ada bantuan yang harus digunakan dalam jangka waktu lama, agar bisa dikembangbiakkan dengan cepat.

“Semoga bantuan pemberdayaan masyarakat desa tahun 2022 yang tersalur dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” tutup Kades Trimulya.


Laporan : Astrianto D

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.