Gubernur Sultra “Warning” Tiga Pj Bupati Tak Terlibat Politik Praktis


Kendari, Rakyatpostonline.Com – Roda Kepemimpinan di empat wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) yakni Buton, Kolaka Utara (Kolut), Bombana, dan Kolaka Timur (Koltim), memasuki babak baru.

Hal ini ditandai dengan pelantikan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, terhadap Penjabat (Pj) Bupati Buton, Basiran, Pj Bupati Kolut, Parinringi, Pj Bupati Bombana, Burhanuddin, dan Wakil Bupati Koltim, Abdul Azis.

Pelantikan dihadiri Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, Ketua DPRD, H Abdurrahman, Forkopimda Sultra, para Kepala OPD, Forkopimda Buton, Kolaka Utara, Bombana dan Kolaka Timur. Kegiatan berlangsung di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra, Rabu (24/8/2022).

Gubernur dalam arahannya, berharap kepada empat kepala daerah yang dilantik agar mampu menjalankan roda pemerintahan, sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Lebih dari itu, para kepala daerah juga wajib memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal, sehingga selalu tercipta kondisi wilayah yang aman, tertib, dan damai.

Arahan selanjutnya, gubernur menegaskan, tiga pj bupati tidak terlibat politik praktis, terutama dalam perhelatan Pemilu 2024. Selain melanggar ketentuan perundang-undangan, hal ini jika dilakukan, merupakan pengkhianatan terhadap masyarakat.

“Saya mengingatkan, jabatan Pj adalah amanah pemerintah, sehingga perlu adanya koordinasi kepada provinsi, maka laporkan kondisi daerah kepada gubernur selaku perwakilan sekurang-kurangnya tiga bulan sekali,” tegasnya.

Wajib lapor itu kata gubernur sebagai bentuk kontrol, karena penjabat bupati dikirim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan masih tercatat sebagai pegawai.


Laporan : Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.