Tiga Tim SDN 1 Rate-rate Lolos Tahap Intermediate Kihajar STEM Kemendikbudristek RI

Ketgam: Nining Asni Abbas S.pd.,M.Pd


Kolaka Timur, Rakyatpostonline.Com – Demi mendukung proses pembelajaran berorientasi pada peserta didik, Pusdatin Kemendikbudristek menyelenggarakan program Kita Harus Belajar Science, Technology, Engineering, Math (Kihajar STEM).

Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi yang dapat diikuti oleh siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) agar dapat memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan masalah atau project berbasis STEM, melalui pendayagunaan teknologi  informasi dan komunikasi.

Tahun 2022, Kihajar STEM diselenggarakan secara daring dan terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu basic, intermediate, dan final. Dalam lomba ini, SDN 1 Rate-rate berhasil menorehkan prestasi cemerlang.

Sebanyak tiga tim murid SDN 1 Rate-Rate lolos dalam tahap basic, dimana tim ini berhasil meraih rangking 1, 2 dan 7 sehingga bisa masuk dalam 20 besar, mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk berlomba pada tahap Intermediate tanggal 14 Agustus 2022.

Adapun ketiga tim ini, sebagai berikut:
Tim 1:
1.Griselda Kharin Novisha Putri
2. Muhammad Hanif Azzakiy
3. Raisya Meilani Zahra Madjid

Tim 2 :
1.Almirah Putri Azzahrah
2. Clara Octarina
3. Gyselia Evril Alphadeen

Tim 3:
1. Hairin Syahdi
2. Naufal Fawwas
3. Valerio Apriliano Momba

Ketiga tim tersebut dibimbing oleh Sovya Nur Kartika, M.Pd berkolaborasi dengan guru-guru lain, diantaranya Yusrina, S.Pd, Ketut Julianto, M.Pd, Andi Ekarlina, S.Pd, dan Harun, S.Pd.

Setiap tim dari seluruh jenjang pendidikan yang berasal dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, bakal berkompetisi menjawab soal-soal berbasis STEM.

Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 1 Rate-rate, Nining Asni Abbas, S.Pd., M.Pd, kepada Rakyatpostonline, Jumat (12/8/2022), mengungkapkan harapannya, semoga anak-anaknya mampu meraih ranking 1 dan 2 agar bisa masuk dalam Final Kihajar STEM 2022.

Nining mengaku sangat bangga dan berterimakasih kepada guru-guru yang hebat, karena telah meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk membimbing anak-anak sehingga mereka berhasil meraih kesuksesan.

“Ketiga tim siswa siswi tersebut merupakan yang terbaik dan andalan SDN 1 Rate-rate yang menjadi sekolah unggulan dan percontohan semua sekolah dasar di Kabupaten Kolaka timur,” tutupnya.


Laporan : Asrianto Daranga

Editor : Wal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.